Selasa, 5 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Jalani Prosesi Adat Moloopu, Hamka Hendra Noer Mulai Tempati Rudis Gubernur

Oleh Admin Hargo , dalam Gorontalo , pada Senin, 16 Mei 2022 | 20:35 Tag: , , ,
  Prosesi adat Moloopu untuk Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer yang berlangsung di Rumah Dinas Gubernur, Senin (16/05/2022). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer bersama istri hari ini resmi mulai menempati Rumah Dinas (Rudis) Gubernur. Itu diketahui seiring digelarnya Upacara Adat Moloopu oleh pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo yang berlangsung pada Senin (16/05/2022).

Prosesi Adat Moloopu sendiri merupakan upacara penjemputan secara adat dari rumah kediaman pribadi ke rumah dinas jabatan (Yiladia). Upacara ini, selain sebagai keharusan memenuhi tatanan adat, juga sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan masyarakat dari negeri adat “U Duluwo Lo U Limo Lopohalaa” (lima negeri adat).

Adapun prosesi adat yang dijalani Hamka Hendra Noer bersama Istrinya, drg. Gamaria Purnamawati Monoarfa diantaranya “mopolahe tou taeya (mempersilahkan turun dari kendaraan) dan “mopodiyambango” (mempersilahkan melangkah), “mopotupalo” (mempersilahkan masuk gapura adat). Seluruh rangkaian prosesi tersebut juga berlangsung sambil diiringi dengan sajak atau pesan-pesan adat.

Sebagaimana diketahui warga Gorontalo, selain sebagai keharusan memenuhi tatanan adat, upacara ini juga merupakan wujud pengakuan rakyat atas ketokohan dan kepemimpinan serta rasa syukur masyarakat adat kepada pemimpin maupun khalifahnya.

“Sejak kemarin kami diterima dengan baik. Saya bangga sekali adat-adat seperti ini mungkin tidak semua daerah ada. Adat gorontalo adalah salah satu yang harus dijaga dan terus dilestarikan. Saya ucapkan terimakasih kepada jajaran pemerintahan, pemangku adat, tokoh agama dan seluruh masyarakat yang telah menerima kami,” ucap Hamka Hendra Noer.

Lebih lanjut Staf Ahli Kemenpora RI ini menambahkan, Adat Moloopu selesai artinya tugas Pj Gubernur telah dimulai. Ia berharap kepada semua pihak baik ASN dilingkup Pemrov Gorontalo dan jajaran Forkopimda untuk membantunya membangun Provinsi Gorontalo kedepan.

“Saya paham tidak bisa bekerja sendiri, harus bergandengan tangan, bahu-membahu. Jadi saya mohon tolong saya dibantu,  saya ingin betul-betul bekerja untuk pemprov dan untuk masyarakat Gorontalo. Insyaallah kalo kita saling bergandengan tangan, kita saling support, kita akan semakin baik kedepan,” tambah Hamka Hendra Noer.

Sebagau informasi, sebelum menjalani upacara Adat Moloopu, Pj Gubernur bersama istri dan keluarga disambut dengan upacara penerimaan yang dilakukan oleh Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Provinsi Gorontalo atau Purna Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Provinsi Gorontalo.(*)

Penulis: Zulkifli Polimengo

(Visited 39 times, 1 visits today)

Komentar