Friday, 17 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Januari NKRI Kabinet Baru, Rusli : Siap-siap Ada Yang Diparkir

Oleh Aslan , dalam Gorontalo Headline , pada Monday, 18 December 2017 | 09:41 AM Tags: , ,
  

GORONTALO, Hargo.co.id – Mutasi besar-besaran di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo segera digelar. Bahkan bisa dipastikan, sebelum tahun baru, kabinet Nyata Karya Rusli Idris (NKRI) jilid II sudah dilantik. Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengaku sudah menandatangani pelaksanaan seleksi jabatan tinggi pratama (JPT) di lingkungan Pemprov Gorontalo.

“Saya sudah sampaikan ke ibu Sekda (Prof Winarni Monoarfa), tidak boleh lewat desember, pejabat (hasil seleksi) sudah dilantik,”ujar Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, belum lama ini. Dengan begitu, Rusli memastikan, mulai januari 2018 NKRI II sudah dilengkapi kabinet baru.

Rusli Habibie mengatakan, pada pelaksanaan mutasi nanti, akan ada pejabat yang ‘ganti baju’ atau sekadar begeser tempat dinas, namun ada juga pejabat yang diparkir atau non job. “Siap-siap ada yang diparkir.

Tergantung tempat parkirnya, ada yang masih ada atap, dibawa pohon, ada yang sudah langsung kena sinar matahari,”kata Rusli Habibie. Kepada tim seleksi, ia menitipkan agar para pejabat baik eselon I sampai IV untuk dilihat rakam jejaknya. Ia tidak menginginkan ada pejabat yang tidak rekam jejaknya tidak baik, termasuk soal rumah tangga sang pejabat.

“Ada yang minta cerai, ASN itu tidak akan dipromosikan,”tandansya. Begitu pun dengan pejabat yang memiliki tuntutan ganti rugi (TGR). Ia sudah meminta Inspektorat untuk menyertakan daftar pejabat TGR agar tidak diakomodir dalam struktur kabinet NKRI. “Kalau rekam jejak bagus, kita promosikan.

Yang kurang bagus mohon maaf,”tegasnya. Menurut Rusli Habibie, ia sudah meminta struktur organisasi perangkat daerah (OPD) dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Dari daftar itu, ia melihat siapa saja pejabat yang nantinya digeser. “Sudah empat SKPD yang saya sisir. Saya lihat ada yang sudah dua tahun.

So bakarat. Saya sudah mulai seleksi,”ujarnya. Menurut Rusli Habibie,dalam penempatan jabatan untuk kabinet NKRI II ia dan wakil Gubernur Idris Rahim sama sekali tidak ada tendensius, apalagi dikait-kaitkan dengan Pilkada Gubernur yang lalu.

“Tidak ada kaitanya dengan politik. Periode ke dua ini kami ingin bekerja,”kata Rusli Habibie. Seperti diketahui struktur jabatan Pemprov Gorontalo saat ini masih ada beberapa yang kosong, seperti jabatan kepala dinas PU, jabatan Asisten ekonomi Pembangunan, dan Kadis Satpol PP.

Kendati begitu, Rusli Habibie mengisyaratkan akan merombak total seluruh SKPD, bukan hanya pejabat namun juga jabatan bendahara dan staf. (tro/hg)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar