Senin, 12 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Jawara Peksiminas Kategori Menulis Puisi Disabet Mahasiswa UNG

Oleh Berita Hargo , dalam Edukasi , pada Rabu, 24 Maret 2021 | 23:10 WITA Tag: , ,
  


Hargo.co.id, GORONTALO – Berbicara soal karya sastra, Gorontalo tak pernah absen sejak dulu. Sejak dulu, putra Gorontalo, HB. Jassin menjadi salah satu stastrawan yang cukup dosegani di level nasional.

Deretan judul puisi ‘Paus Sastra Indonesia’ (julukan HB Jassin-red), selalu menjadi alternative untuk dibacakan. Sebut saja, Lagu Orang Usiran, Kidung Malam, Angin Pagi, Mimpi, Kesasar di Dalam Pikiran, Perbaruan Tekad dan masih banyak lagi.

BACA  Merger Poligon-UNG Tak Terwujud, Ingin Tahu Kenapa?

Baru-baru ini, yakni pada akhir 2020, Goorntalo kembali berbicara di tingkat nasional, terkait penulisan puisi. Melalui Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) 2020, Yudha Prasetya Ningrat menjadi jawara pada kategori Penulisan Puisi.

 Yudha Prasetya Ningrat, peraih penghargaan Penghargaan Prestasi Talenta Penggerak Indonesia Lomba PEKSIMINAS 2020. (Foto Istimewa)

Yudha Prasetya Ningrat, peraih penghargaan Penghargaan Prestasi Talenta Penggerak Indonesia Lomba PEKSIMINAS 2020. (Foto Istimewa)

Yudha Prasetya Ningrat merupakan mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Pria kelahiran 24 maret 1999 ini, mendapat penghargaan dari Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud RI yang diserahkan langsung oleh Rektor UNG Dr. Eduart Wolok, ST, MT.

BACA  Sebanyak 400 Mahasiswa UNG Diwisuda, Masih Gunakan Drive Thru

Terang saja, prestasi itu menjadi kebanggaran UNG pada khususnya, dan Gorontalo pada umumnya. Diharap ini menjadi pemantik prestasi mahasiswa lainnya. Proses pelaksanaan Peksiminas ini dilaksanakan secara virtual pada 29 November 2020.

Usut punya usut, Yudha Prasetya Ningrat memang memiliki segudang prestasi. Juara I Sayembara Puisi Nasional oleh Pena Pedia, Penulis terbaik pada Lomba Menulis Puisi Tingkat Nasional oleh Pena Pedia. Belum cukup dengan itu, Selanjutnya, Yudha Prasetya Ningrat sudah menerbitkan 4 judul buka melalui Pena Pedia dan Ideas Publishing.

BACA  Seleksi MTQ Tingkat UNG Resmi Dimulai, 150 Peserta Siap Berkompetisi

“Saya sangat bersyukur bisa berkolaborasi dengan pemuda-pemuda terbaik dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia,” kata Yudha Prasetya Ningrat. (elma/ung/hargo)


Komentar