Sabtu, 8 Agustus 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



JB Sumarlin Meninggal Dunia

Oleh Mufakris Goma , dalam Kabar Nusantara , pada Kamis, 6 Februari 2020 | 21:06 WITA Tag:
  JB Sumarlin (aksisinergi-ui.com)


Hargo.co.id – Menteri Keuangan Kabinet Pembangunan V Johannes Baptista Sumarlin tutup usia pada hari ini Kamis, 6 Februari 2020, sekitar pukul 14.00 WIB. JB Sumarlin, begitu beliau akrab dipanggil, menutup mata selamanya di usia 87 tahun di RS Carolus, Jakarta Pusat.

Jenazah almarhum akan disemayamkan di rumah duka MRCC Siloam, Semanggi dan menurut rencana, akan dimakamkan di San Diego Hills pada Senin, 10 Februari 2020.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi, Nufransa Wira Sakti mengampaikan, pihaknya belajar banyak pada komitmen dan loyalitasnya kepada Indonesia.

BACA  Jokowi Resmi Bubarkan Gugus Tugas Penanganan Covid-19

“Beliau tidak segan-segan terjun langsung membela tanah air sebagai anggota Tentara Nasional Indonesia. Beliau pun mengalami langsung bergerilya sebagai anggota Palang Merah Indonesia di masa revolusi fisik,” ujarnya Kamis (6/2).

Selama mengabdi sebagai bendahara negara, beliau melakukan sejumlah terobosan untuk mengatasi tantangan dan permasalahan ekonomi Indonesia. Gebrakan Sumarlin I berupa pengetatan moneter berhasil mendorong pertumbuhan ekonomi, bahkan melebihi target di tahun 1988. Sementara itu, Gebrakan Sumarlin II di tahun 1992 mampu menurunkan laju inflasi.

“Atas torehan prestasinya, beliau meraih penghargaan Menteri Keuangan terbaik tahun 1989 oleh Euromoney dan tahun 1990 oleh majalah Asia. Beliau juga adalah pemegang anugerah Bintang mahaputra Adiprana III dari Presiden Soeharto di tahun 1973, serta Bintang Grootkruis in de Orde van Leopold II dari pemerintah Belgia tahun 1975,” tuturnya.

BACA  Gaji Karyawan di Bawah Rp 5 Juta Dapat Bonus Rp 600 Ribu

Sampai di penghujung usianya, kata Nufransa, dirinya masih aktif menyumbangkan pemikiran terhadap ekonomi Indonesia. Beliau meyakini bahwa nilai-nilai dan kearifan Indonesia perlu diterapkan secara langsung pada sistem ekonomi kita, serta bahwa sektor-sektor strategis perlu dikuasai negara untuk dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemamkmuran rakyat.

BACA  Kapolri Mutasi Delapan Kapolda, Ini Daftar Lengkapnya

JB Sumarlin adalah begawan ekonomi dan pejuang bangsa yang telah memberi terang pada masa-masa sulit Indonesia. Jasanya akan selalu dikenang, dan baktinya akan menjadi inspirasi seluruh bangsa. Sebagai penjaga keuangan negara, kami akan meneruskan fondasi yang telah dibangun beliau bersama para pendahulu, untuk membangun pilar-pilar pelayanan kepada rakyat.

“Selamat jalan Pak JB Sumarlin, selamat beristirahat dengan tenang di rumah-Nya,” tutupnya.

*Berita ini juga terbit di jawapos.com edisi kamis 6 februari 2020


Komentar