Kamis, 2 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Jelajahi Tanah Air Dengan Bersepeda

Oleh Berita Hargo , dalam Metropolis , pada Selasa, 4 April 2017 | 16:44 PM Tag: , ,
  

TIBAWA – Hargo.co.id Bersepeda adalah olahraga yang hingga kini masih sangat digandrungi oleh semua kalangan. Namun, untuk berkeliling negara seluas Indonesia ini rupanya tidak semua orang bisa melakukannya.

Seperti yang dilakukan oleh Benu (24), pria asal Lampung yang mempunyai misi untuk menjelalahi seluruh wilayah Indonesia dengan menggunakan sepeda.

Sejak mulai turun bersepeda dari kampung halamannya pada September 2015 silam, saat ini, pria yang mempunyai julukan ‘Benu Lintas Nusantara’ ini tengah berada di Gorontalo dengan sepedanya itu.

Saat ditemui Gorontalo Post kemarin (3/4) sore, Benu sedang beristirahat di sebuah gubuk kosong yang berada di Desa Buhu, Kecamatan Tibawa, tepatnya di Jalan Trans Sulawesi. Dengan ramah, ia menjelaskan pengalamannya selama bersepeda mengelilingi Nusantara.

Pria bertato ini mengaku telah melintasi daratan Pulau Jawa, Bali, NTB, NTT, dan baru memasuki wilayah Sulawesi yang berawal dari Kota Makassar pada bulan puasa tahun 2016. “Saya ingin terus menaklukan seluruh wilayah Indonesia tanpa terkecuali.

Sayang kan, jika negeri kita yang indah dan luas ini tidak bisa kita nikmati, sementara orang asing saja jauh-jauh dari negaranya bisa keliling Indonesia dan menikmati langsung keberagaman budaya disini,” kata Benu.

Untuk mencukupi bekal perjalanannya, pria yang mengaku masih bujang ini mengatakan dirinya melakukan pekerjaan apa saja untuk bisa mendapatkan uang. “Untuk makan dan minum saya kerja serabutan saat mendiami suatu daerah selama 2-3 hari untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke daerah berikutnya,” ujarnya.

Benu terus mengayuh sepedanya dan baru beristirahat setelah menempuh jarak 100 meter. Dan selama hampir 2 tahun menempuh perjalanan darat, ia baru sekali mengganti sepeda saat berada di Semarang.

“Saat itu sepeda saya yang pertama patah, dan terpaksa saya ganti baru dengan sepeda yang hingga kini masih saya gunakan,” tambah Benu.

Rencananya, Benu akan tinggal selama 2 hari di Gorontalo untuk kemudian melanjutkan perjalanannya ke Manado sebagai Kota terakhir yang ia kunjungi di daratan Sulawesi ini. “Setelah ini tersisa Maluku, Papua, dan Kalimantan yang akan saya datangi,” tutup Benu (tr-55/hg)

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar