Jumat, 18 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Jelang Idul Fitri, Harga Kebutuhan Pokok Harus Terjaga

Oleh Deice Pomalingo , dalam Legislatif , pada Selasa, 11 Mei 2021 | 05:05 WITA Tag: ,
  Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo, Roman Nasaru. (Foto Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Jelang Idul Fitri, Wakil DPRD Kabupaten Gorontalo, Roman Nasaru meminta pemerintah, melalui instansi terkait untuk menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok. Biasanya, setiap menjelang Idul Fitri, harga kebutuhan pokok pelan-pelan mulai naik. 

“Harga kebutuhan pokok merangkak naik menjelang Idul Fitri dan ini sudah bukan rahasia lagi. Apabila tak dikendalikan, bisa menyulitkan masyarakat karena saat ini ekonomi belum stabil,” kata Roman Nasaru, Senin (10/05/2021).

Menurutnya, peran pemerintah daerah dibutuhkan saat momen seperti menjelang Idul Fitri, guna memastikan harga dan pasokan dalam kondisi terjangkau dan tersedia. Dengan demikian, kata Roman Nasaru, perkembangan harga tidak dipengaruhi faktor psikologis. 

“Karena seringkali kenaikan harga itu lantaran faktor psikologis saja, isu-isu terkait pasokan bisa mempengaruhi pasar. Makanya pemerintah harus hadir untuk menjaga stabilitas harga tersebut,” tutur Roman Nasaru.

Kepada masyarakat, politisi Nasdem ini meminta jika mendapati harga kebutuhan pokok di pasar tidak sesuai dengan ketetapan bisa langsung dilaporkan kepada pemerintah setempat agar segera diantisipasi. 

“Khusus untuk pedagang mengambil keuntungan boleh-boleh saja, namun jangan terlalu besar. Terlebih dalam kondisi seperti pandemi Covid-19 ini,” harap Roman Nasaru. 

Dirinya menambahkan, seluruh instansi terkait sesegera mungkin melakukan operasi pasar untuk memantau langsung harga kebutuhan pokok di lapangan. 

“Saat ini upaya pencegahan melonjaknya harga perlu langsung dilakukan, segera turun ke lapangan, pantau harga kebutuhan pokok,” pungkas Roman Nasaru. (wie/adv/hargo)

BACA  Fraksi PKS Pertanyakan Pencairan Dana PEN 

Komentar