Minggu, 17 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Jelang Libur Akhir Tahun, Satgas Covid-19 Ingatkan Protokol 3M

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Kabar Nusantara , pada Selasa, 24 November 2020 | 20:05 WITA Tag: , ,
  Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. Foto: Satgas Covid-19.


Hargo.co.id, JAKARTA – Menjelang dan saat libur panjang akhir tahun 2020 mendatang, Satgas Penanganan Covid-19 tak henti-hentinya mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 3M.

Seperti dilansir JPNN.com, Satgas Covid-19 memprediksi bahwa akan terjadi mobilisasi massa pada akhir tahun mengingat masyarakat sudah jenuh berdiam diri selama ini.

“2020 hampir mendekati pengujungnya, liburan panjang yang jadi penutup tahun menjadi bagian yang pasti sudah ditunggu-tunggu banyak pihak,” Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (24/11).

BACA  Dalam 2 Hari Vaksin Sinovac Tiba di 34 Provinsi, Berikut Rinciannya

“Kami memahami bahwa setelah berjibaku dengan pandemi dari Maret lalu, masyarakat sudah jenuh dengan rutinitas yang kebanyakan dihabiskan di dalam rumah. Akan tetapi perlu saya ingatkan musuh kita belum hilang sepenuhnya, pandemi belum selesai,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Wiku menambahkan, masyarakat perlu menimbang kegiatan di masa liburan panjang.

BACA  Jelang Malam Pergantian Tahun, Sejumlah Jalan di Gorontalo Ditutup

Wiku meminta masyarakat bertanggung jawab untuk menghindar dari kerumunan, memakai masker dan mencuci tangan.

“Diketahui pula pada pekan liburan terjadi penurunan jumlah orang yang diperiksa yang menyebabkan jumlah kumulatif positif dan positivity rate turun. Hal ini menjadi bahan evaluasi pemerintah pusat maupun daerah untuk terus konsisten dalam mengelola laboratorium testing,” kata Wiku.

Satgas Covid-19 berusaha mendorong Pemda untuk terus melakukan pengawasan kondisi pada tingkat provinsi dan kabupaten atau kota untuk menganalisis situasi yang lebih rinci.

BACA  Keluyuran Pascavaksinasi, Istana Tegur Raffi Ahmad

Hal ini penting sebagai dasar pengambilan keputusan strategis.(jpnn/hg)

#IngatPesanIbu

Memakai masker

Menjaga jarak & menghindari kerumunan

Mencuci tangan dengan sabun

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Satgas Covid-19 Ingatkan Protokol 3M Jelang Libur Akhir Tahun“. Pada edisi Selasa, 24 November 2020.

Komentar