Sabtu, 8 Agustus 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Jelang New Normal, Penonton di Bioskop Berjarak Satu Kursi

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Kabar Nusantara Serba-serbi , pada Sabtu, 20 Juni 2020 | 16:05 WITA Tag: ,
  Protokol Tatanan Baru Di Bioskop (Grafis: Rizky Janu/Jawa Pos)


Hargo.co.id, SURABAYA – Normal baru sudah di depan mata. Sejumlah pengelola tempat hiburan diharapkan menyiapkan standar protokol kesehatan. Termasuk bioskop. Beberapa pengelola tempat hiburan telah menyiapkan sejumlah protokol kesehatan. Protokol itu akan diterapkan di seluruh bioskop, termasuk di Surabaya.

Seperti yang dilansir Jawapos.com, Standar protokol kesehatan yang diterapkan mencakup pengunjung dan karyawan bioskop. Misalnya, yang diterapkan pengelola bioskop yang cabangnya berada di Mal Marvell City, BG Junction, dan Maspion Square di Surabaya.

Saat sudah diperbolehkan beroperasi, pihaknya akan mengubah sejumlah metode kerja karyawan. Salah satunya kebersihan dan kesehatan diri karyawan. ”Akan ada pengecekan kesehatan rutin dua minggu sekali,” tutur Public Relations Manager CGV* Cinemas Hariman Chalid.

Sementara itu, setiap pengunjung yang akan masuk diperiksa terlebih dahulu. Salah satunya, tidak boleh bersuhu tubuh 38 derajat Celsius atau lebih. Jika menunjukkan gejala-gejala tertetu seperti batuk, pilek, dan sesak napas, pengunjung atau karyawan tidak diperkenankan masuk.

BACA  Zainudin Amali Jadi Dosen Penguji Ida Fauziyah

”Kami juga berencana untuk menyediakan ruang isolasi di setiap bioskop,” tambah Hariman. Penggunaan alat pelindung diri (APD) seperti masker juga diwajibkan. Selain itu, pihaknya akan menyediakan tempat cuci tangan dan menerapkan jaga jarak.

Selain itu, Hariman menjelaskan bahwa penonton akan direkomendasikan untuk membeli tiket secara daring. Hal tersebut diharapkan bisa mengurangi kontak langsung dengan para petugas. Kapasitas bioskop juga dikurangi. Mereka akan menerapkan jaga jarak di dalam bioskop. Yakni, berjarak satu kursi.

Soal sudah diterbitkannya Perwali No 28 Tahun 2020, pihaknya baru mengetahui. Hirman menyatakan segera berkoordinasi dengan tim di Surabaya. ”Tapi, poin-poin yang disebutkan di perwali tersebut sudah ada di standar protokol kesehatan kami,” jelasnya.

BACA  Uji Coba Tahap Tiga Vaksin Sinovac, Relawan Dilindungi Asuransi

Sejalan dengan pengelola di bioskop tersebut, bioskop lain yang mempunyai cabang di Mal Ciputra World, Pakuwon Mall, PTC, Galaxy Mall, Tunjungan Plaza, Royal Plaza, Surabaya Plaza, Lenmarc, East Coast, dan Transmart juga tengah menerapkan sejumlah protokol kesehatan. Mulai pengukuran suhu tubuh hingga penerapan jaga jarak. Mereka juga akan menyemprotkan disinfektan secara berkala. ”Cairan disinfektan yang kami gunakan sama dengan yang digunakan maskapai penerbangan internasional,” kata Head of Corporate Communications & Brand Management Cinema XXI Dewinta Hutagaol. Dia menjelaskan bahwa hal tersebut dilakukan sejak akhir Januari 2020.

Selain itu, pihaknya akan menambahkan kelengkapan kebersihan sesuai standar. Berupa sabun cuci tangan pada wastafel toilet bioskop. Tiap bioskop juga akan dilengkapi dengan hand sanitizer. Pihaknya mendukung penuh langkah pemerintah Kota Surabaya. Terutama saat menentukan kebijakan standar operasional prosedur normal baru di bioskop. Dewinta juga baru mengetahui perwali tersebut. ”Kami saat ini masih berkoordinasi dengan tim kami di Surabaya secepatnya untuk penyesuaian protokolnya,” ungkapnya.(Jawapos/hg)

BACA  Survei Alvara, Mayoritas Orang Tua Belum Setuju Sekolah Tatap Muka

PROTOKOL TATANAN NORMAL BARU DI BIOSKOP

  • Wajib menggunakan masker.
  • Menerapkan budaya cuci tangan secara berkala.
  • Disarankan memesan tiket secara daring.
  • Transaksi lainnya juga diarahkan menggunakan metode digital payment (cashless).
  • Setiap penonton di dalam studio diberi jarak satu kursi.

 

 

 

*) Artikel ini telah diterbitkan oleh Jawapos.com dengan judul: “New Normal di Bioskop: Antar Penonton Berjarak Satu Kursi“. Pada edisi Sabtu, 20 Juni 2020.

Komentar