Kamis, 30 Juli 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Jelang Restart Liga Serie A, Kickoff Diusulkan Jam 1 Siang

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Sepakbola , pada Selasa, 2 Juni 2020 | 12:05 WITA Tag: , , ,
  Para pemain Juventus merayakan gol ketika bertanding dengan Fiorentina sebelum jeda kompetisi karena pandemi korona. (Marco Bertorello / AFP)


Hargo.co.id, ROMA – Sampai kemarin WIB (31/5), jadwal restart Serie A belum juga ditentukan. Football Italia mengklaim bahwa secepatnya hari ini sudah dirilis jadwal lengkap dengan jam kickoff-nya. Ya, jam kickoff diklaim masih menjadi pertimbangan klub-klub Serie A. Sebab, Liga Serie A sempat mengusulkan salah satu jam kickoff pada 13.30 waktu setempat.

Sementara itu, pemain ingin paling awal bermain di atas pukul 18.00 waktu setempat. ’’Yang kami inginkan, kami mulai bermain ketika menjelang malam,’’ ujar Presiden Asosiasi Pesepak Bola Profesional Italia (AIC) Damiano Tommasi dalam wawancara di program Sunday Sport di Radio1 kemarin WIB (31/5).

Seperti yang dilansir Jawapos.com, Selain untuk mengejar target bisa menuntaskan sisa 124 laga musim ini tepat waktu, lebih awalnya jam kickoff bertujuan untuk mengakomodasi kepentingan tayangan televisi. Terakhir, musim ini jadwal kickoff Serie A yang paling siang terjadi pada giornata ke-25. Tepatnya ketika Genoa dipermalukan 2-3 oleh Lazio di kandangnya, Luigi Ferraris, 23 Februari lalu.

BACA  Ketambahan 22 Pasien, Dua Orang Meninggal Dunia

Saat itu laga berlangsung pada pukul 11.30. Bedanya, ketika itu masih termasuk periode musim dingin. Sementara, restart Serie A nanti berlangsung saat musim panas yang suhunya disebut-sebut bisa menyusahkan pemain. Terlebih kondisi kebugaran pemain yang baru bermain lagi setelah vakum lebih dari dua bulan. Faktor itulah yang diperjuangkan Tommasi.

BACA  Gubernur Tegaskan, Jangan Anggap Remeh Covid-19

’’Yang kami lakukan ini hanya berdasar perlindungan kesehatan. Dari periode itu aku pun berharap tidak timbul masalah ke depannya,’’ ungkap mantan pemain AS Roma tersebut. ’’Aku ingin Anda memikirkan segala hal yang logis,’’ tutur Tommasi kepada Serie A dan Federasi Sepak Bola Italia (FIGC).

Sementara itu, laman Corriere dello Sport memprediksi ada tujuh opsi jam kickoff setiap pekan. Lega Serie A dan FIGC bakal menyampaikannya supaya klub-klub Serie A serta Sky, DAZN, dan IMG selaku stasiun televisi pemegang hak siar kompetisi level teratas Italia itu juga senang.

Jam kickoff tersebut berbeda-beda bergantung dengan hari pertandingannya. Untuk laga-laga pada Senin, contohnya, jam kickoff-nya adalah pukul 21.00 waktu setempat. Opsi itulah yang diambil untuk pertandingan pada Jumat. Ketika tengah pekan, mulai Selasa hingga Kamis, laga-laga Serie A diadakan pada pukul 19.00 dan 21.00 waktu setempat.

BACA  Pukul Sassuolo, I Rossoneri Tak Terkalahkan Selama Pandemi COVID-19

Nah, opsi jam kickoff terbanyak terjadi pada akhir pekan. Tercatat, akan ada tiga variasi jam kickoff pada pertandingan Sabtu dan Minggu. Yakni, pukul 17.15, 19.30, dan 21.45.(mi/ren/jawapos/hg)

 

 

 

 

*) Artikel ini telah diterbitkan oleh Jawapos.com dengan judul “Serie A Usulkan Kickoff Jam 1 Siang, Pemain Minta di Atas Jam 6 Sore”. Pada edisi Senin, 01 Juni 2020.

Komentar