Minggu, 18 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Jelang TdL 2016, Destinasi Wisata Kuningan Dikebut

Oleh Fajriansyach , dalam Kabar Nusantara , pada Kamis, 29 September 2016 | 12:56 WITA Tag: , ,
  


Wonderful Indonesia
Hargo.co.id KUNINGAN – Balap sepeda Tour de Linggarjati (TdL) 2016 tinggal hitungan pekan. Persisnya, 28-30 Oktober 2016, ajang cycling bertaraf international yang bakal memacu destinasi wisata di kawasan Kuningan, Jawa Barat.

Sejarah Linggarjati, dengan perundingan dan perjanjian yang menghasilkan status Kemerdekaan RI, dan ditandatangni 15 November 1946 itu bakal ikut terangkat.

Nama Linggarjati itu sendiri sudah sarat sejarah dan perdebatan. Anak-anak muda masa kini perlu, membuka lembaran kisah masa lalu, yang berperan dalam perjalanan republic ini.

Karena itu, Bupati Kuningan Acep Purnama memprediksi jumlah tim dan peserta, serta penonton yang tertarik di perhelatan balap sepeda bakal melebihi target.

BACA  Pemerintah Resmi Tetapkan Mudik Lebaran 2021 Ditiadakan

”Optimisme itu didasari atas membludaknya konfirmasi dari tim dan atlet balap sepeda profesional. Ini progress yang baik dari segala lini, termasuk Pariwisata kami,” ujar Acep. Bupati Acep Purnama menyebutkan, perhelatan TdL ini, pihaknya membatasi jumlah peserta hanya untuk 20 tim balap sepeda profesional yang terbagi atas 10 tim undangan dari luar negeri dan 10 tim nasional dengan jumlah peserta per tim sebanyak 5 orang.

“Tetapi ternyata agenda Tour de Linggarjati yang kedua di Kuningan disambut antusias luar biasa dan sangat banyak atlet yang ingin bergabung menjadi pesertanya. Saya optimistis akan melebihi target, jadi kita harus siap semua, termasuk Objek Wisata kami,” kata Acep.

BACA  Erick Thohir dan Anindya Bakrie Segera Miliki Klub Liga Inggris Oxford United

TdL yang didukung Menpar Arief Yahya ini dimulai sejak Agustus tahun 2015 yang lalu. “Jadikan Tour de Linggarjati untuk menyempurnakan infrastruktur jalan sepanjang lintasan. Pastikan di kiri dan kanan lintasan itu pemandangan alam dan budayanya hidup dan bagus. Karena, 60% dari peserta sport events itu berdasarkan survei akan datang kembali ke lokasi tersebut,” pesan Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI.

Menurut Acep dan Ketua Pelaksana even Dian Rachmat Yuniar, sudah dimasukkan sebagai salah satu agenda balap sepeda berkelas internasional. Dian menambahkan, pihaknya sudah mendapat konfirmasi dari belasan tim nasional yang ikut serta. Sudah tercatat ada 8 tim balap sepeda profesional mancanegara yang memastikan ikut Tour de Linggarjati 2016.

BACA  Kemenkumham Tak Akui Kepengurusan Demokrat Kubu Moeldoko

“Pendaftaran resminya nanti mendekati hari H pelaksanaan tetapi yang pasti tim-tim balap sepeda dari sejumlah negara sampai hari ini masih banyak yang meminta informasi lebih lanjut untuk bergabung mengikuti Tour de Linggarjati di Kuningan. Bahkan, beberapa tim dari Malaysia, Australia, dan Netherland sudah ada yang mengirimkan data atlet yang akan diturunkan pada perhelatan balap sepeda Tour de Linggarjati,” kata Dian.

Laman: 1 2


Komentar