Kamis, 21 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Jokowi Teken Keppres Baru tentang Pilkada Serentak 2020

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Kabar Nusantara , pada Sabtu, 28 November 2020 | 15:05 WITA Tag: ,
  Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Foto: Instagram Jokowi


Hargo.co.id, JAKARTA – Presiden Joko Widodo meneken Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 22 Tahun 2020 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 Sebagai Hari Libur Nasional.

Seperti yang dilansir JPNN.com, Dalam aturan itu, pria yang akrab disapa Jokowi itu memastikan hari penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 menjadi hari libur nasional.

BACA  Akhirnya MUI Tetapkan Fatwa Halal Vaksin Covid-19 Produksi Sinovac

“Menimbang: a. bahwa penetapan hari libur nasional dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota secara serentak di beberapa provinsi dan kabupaten/kota dilaksanakan guna memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi warga negara untuk menggunakan hak pilihnya,” bunyi Keppres di bagian menimbang.

Dalam hal menimbang, ada 4 poin yang menjadi catatan dalam Keppres itu.

BACA  Kasus Meningkat, Daerah Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Lalu dalam hal mengingat, Keppres itu terdiri atas 2 poin. Salah satunya tentang Pasal 4 ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Sementara dalam hal memutuskan, Keppres itu diisi 2 poin penting.

“Kesatu: Menetapkan hari Rabu tanggal 9 Desember 2020 sebagai hari libur nasional dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota secara serentak,” bunyi poin pertama.

BACA  Januari dan Februari Puncak Musim Hujan, BMKG Minta Masyarakat Waspada

“Kedua: Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.”

Keppres ini ditetapkan pada Jumat (27/11) kemarin, yang diteken oleh Presiden Jokowi.(tan/jpnn/hg)

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Jokowi Teken Aturan Baru tentang Pilkada Serentak 2020, Baca Baik-Baik“. Pada edisi Sabtu, 28 November 2020.

Komentar