Selasa, 18 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Juara II Nasional ADWI 2021, Jadi Kado HUT ke 21 Provinsi Gorontalo

Oleh Admin Hargo , dalam Gorontalo , pada Rabu, 8 Desember 2021 | 23:05 PM Tag: ,
  Foto bersama Kadis Pariwisata Provinsi Gorontalo Rifli Katili dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Gorontalo dan Pokdarwis Desa Bongo usai Malam ADWI 2021 di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Selasa (07/12/2021). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, JAKARTA -Destinasi wisata Religi Bubohu Desa Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo, berhasil meraih juara kedua nasional untuk kategori Desa Wisata Berkembang, pada Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. 

Capaian tersebut ternyata menjadi kado istimewa bagi Provinsi Gorontalo yang merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 pada 5 Desember 2021. 

“Penghargaan ini kami persembahkan bagi Provinsi Gorontalo yang merayakan ulang tahun ke-21. Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Gubernur Rusli Habibie dan Wagub Idris Rahim, pak Sekda, Pemerintah Kabupaten dan Desa, serta Pokdarwis dan Masyarakat yang telah mendukung ADWI 2021,”ujar Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Rifli Katili, usai menghadiri Malam ADWI 2021 di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Selasa (07/12/2021). 

Rifli Katili juga menuturkan, penghargaan tersebut merupakan kebanggaan sekaligus memotivasi dan menjadi penyemangat bagi seluruh jajaran Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo dan kabupaten/kota, pemerintah desa, kelompok sadar wisata, dan masyarakat untuk mengembangkan desa wisata. Menurutnya, poin penting dari prestasi ini adalah terus menjaga, melestarikan, dan memajukan desa wisata dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat setempat. 

“Kita hanya kalah dari desa wisata di Bali yang notabene sudah lebih maju. Ke depan kami akan berupaya tidak hanya Desa Wisata Religi Bubohu yang berkembang, tetapi juga desa wisata yang lain,”tutur Rifli Katili. 

Pada ADWI 2021, Provinsi Gorontalo mengikutsertakan 13 desa wisata. Tiga desa di antaranya lolos hingga penilaian 300 besar Desa Wisata Indonesia, yaitu Desa Wisata Bubohu Bongo, Desa Wisata Huntu Selatan, dan Desa Wisata Tri Rukun Wonosari. Pada penilaian desa wisata yang masuk dalam 50 besar ADWI, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno melakukan visitasi ke Desa Wisata Religi Bubohu – Bongo. 

“Setelah melakukan visitasi ke 50 desa wisata, saya berkeyakinan bahwa desa-lah yang akan membangun Indonesia. Desa wisata akan menjadi lokomotif kebangkitan Indonesia,” pungkas Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno pada Malam ADWI 2021. (***) 

 

Penulis: Zulkifli Polimengo

(Visited 23 times, 1 visits today)

Komentar