Selasa, 11 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Jumlah Pemilih Sementara di Bone Bolango Capai 115.567 Jiwa

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Kab. Bone Bolango KPU , pada Selasa, 15 September 2020 | 06:05 WITA Tag: , , ,
  Penyerahan dokumen daftar pemilih sementara KPU Kabupaten Bone Bolango. (Foto: Zulkifli Polimengo/Hargo)


Hargo.co.id, GORONTALO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) di wilayahnya dalam Pilkada Tahun 2020 ini mencapai 115.567 pemilih.

Hal itu berdasarkan hadil rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan penetapan DPS pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bone Bolango 2020, yang digelar di Restoran Meranti Indah Desa Berlian, Kecamatan Tilongkabila, pada Senin (14/09/2020).

“Hari ini kita melakukan rekapitulasi DPHP, sekaligus menetapkannya sebagai DPS, jadi kita sudah punya dasar jumlah pemilih untuk saat ini adalah 115.567 pemilih, dan karena itu hari ini kita sudah menetapkan daftar pemilih sementara untuk Kabupaten Bone Bolango,”ujar Adnan Berahim (Ketua KPU Bone Bolango).

BACA  Jaga Situasi Kamtibmas Saat Ramadan, Tim Reptil Gelar Patroli Rutin

Ketua KPU Bone Bolango itu juga menjelaskan, dimana DPS ini adalah hasil daripada coklit yang disusun para PPS.

“Itu dari hasil PHP kemudian direkapitulasi ditingkat kecamatan, dan terakhir direkapitulasi di tinggkat kabupaten sebelum kemudian ditetapkan menjadi DPS,”jelas Adnan Berahim.

BACA  Tinjau Pos Larangan Mudik, Ini Penegasan Kapolres Bone Bolango

Adnan Berahim menambahkan dimana untuk tahun ini terjadi peningkatan yang dipengaruhi adanya warga yang pindah masuk ke Bone Bolango, serta ada juga sudah pensiun dari TNI-Polri.

“Peningkatan DPT 2019 ke DPS saat ini dipengaruhi beberapa faktor, misalnya sudah berusia 17 tahun, ada yang pindah masuk ke Bone Bolango, dan ada juga yang sudah pensiun dari TNI-Polri. Itulah yang menambah jumlah DPT sebelumnya tahun 2019 menjadi 3000 lebih yang ditetapkan menjadi DPS,”tutup Adnan Berahim.

BACA  Jaga Situasi Kamtibmas Saat Ramadan, Tim Reptil Gelar Patroli Rutin

Kegiatan rapat pleno terbuka rekapitulasi DPHP dan penetapan DPS pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bone Bolango tahun 2020 ini, dihadiri oleh pihak KPU Provinsi Gorontalo, Bawaslu Bone Bolango, Disdukcapil, serta perwakilan partai Politik yang mendukung paslon Bupati dan Wakil Bupati Bone Bolango.(zul/hg)


Komentar