Kamis, 26 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Jumlah WNI Terpapar Covid-19 Meningkat, Ini Kata Bamsoet

Oleh Berita Hargo , dalam Kabar Nusantara Senayan , pada Kamis, 12 November 2020 | 16:05 WITA Tag: , ,
  Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo


Hargo.co.id, JAKARTA – Jumlah Warga Negara Indonesia (WNI) terkena Covid-19 pada lima negara, meningkat. Itu lantas tak membuat Ketua MPR Ri, Bambang Soesatyo angkat bicara.

Pria yang akrab disapa Bamsoet ini, mengingatkan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemenlu RI) melalui Kedutaan Besar maupun Konsulat Jenderal RI untuk meningkatkan koordinasi dengan otoritas pemerintah di negara-negara dengan infeksi Corona-nya tinggi.

Seperti dilansir jpnn.com, Kemenlu RI melaporkan adanya penambahan sembilan WNI yang terpapar Covid-19 di lima negara. Dengan demikian hingga 10 November 2020, total keseluruhan WNI terinfeksi Coronavirus di luar negeri tercatat sebanyak 1.804 orang.

BACA  Habib Rizieq Langsung Bayar Lunas Sanksi Denda Rp 50 Juta

Menurut Bamsoet, koordinasi dengan otoritas setempat penting untuk memastikan seluruh WNI yang terpapar Covid-19 di lima negara tersebut mendapatkan pelayanan kesehatan dan obat-obatan.

“Serta mendapatkan data riil jumlah WNI yang terpapar, sekaligus memastikan bahwa mereka mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik sesuai standar WHO,” kata Bamsoet di Jakarta, Rabu (11/11/2020).

Bamsoet juga mendorong pemerintah terus meng-update informasi mendetail terkait WNI yang terinfeksi Covid-19 di luar negeri. Baca Juga: Peningkatan Kasus Positif Covid-19 di Kaltim Mengejutkan Kemenlu RI melalui jajarannya juga diminta mendata setiap WNI terdampak pandemi Covid-19 di negara setempat yang memerlukan bantuan.

BACA  Senjata Utama Memutus Mata Rantai Covid-19, Maksimalkan 3M

“Supaya pemerintah Indonesia dapat segera menyiapkan keperluan atau kebutuhan logistik WNI dan memenuhi kebutuhan bantuan tersebut secara tepat,” ucap wakil ketua umum Kadin Indonesia ini.

Selain itu, pemerintah melalui perwakilan di luar negeri juga didorong memberikan pendampingan bagi WNI selama masa pandemi Covid-19.

“Serta memberikan layanan konsultasi bagi WNI yang memiliki gejala Covid-19, sehingga dapat segera ditangani oleh tenaga kesehatan setempat,” ujarnya.

BACA  Gairahkan Kembali Pariwisata, Ini yang Dilakukan Pemerintah

Bamsoet mengingatkan bahwa pemerintah melalui Kemenlu harus terus berupaya memberikan perlindungan dan pendampingan terhadap WNI di luar negeri, terutama yang terpapar dan terdampak Covid-19 guna memberikan rasa aman kepada mereka.

Seluruh WNI yang tinggal di negara-negara dengan kondisi penyebaran Covid-19 yang masih tinggi juga harus diingatkan untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan dan patuh terhadap setiap kebijakan yang berlaku di masing-masing negara. (boy/jpnn)

#IngatPesanIbu

Memakai masker

Menjaga jarak & menghindari kerumunan

Mencuci tangan dengan sabun


Komentar