Kamis, 8 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kabgor Produksi 6 Ribu Ton Sampah, Dalam Kurun Setahun

Oleh Fajriansyach , dalam Gorontalo Metropolis , pada Jumat, 5 Januari 2018 | 06:42 WITA Tag: ,
  


Gorontalo, Hargo.co.id – Aktivitas masyarakat yang cukup padat membuat wilayah Kabupaten Gorontalo menjadi salah satu daerah yang dominan memproduksi sampah. Dalam setahun, wilayah tertua di Gorontalo ini mampu menghasilkan sampah dalam jumlah besar.

Berdasarkan data dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gorontalo, untuk tahun 2017 ini jumlah sampah mencapai 6 ribu ton. Sayangnya, sampah-sampah ini kebanyakan berakhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) . Padahal, sebagian besar sampah-sampah tersebut adalah jenis yang dapat diolah kembali.

Informasi yang dirangkum Gorontalo Post, jumlah sampah untuk tahun 2017 meningkat sekitar 20 persen bila dibandingkan dengan tahun 2016 yang tercatat berjumlah sekitar 5 ribu ton.

BACA  Gubernur Bersaksi Lagi, Kali Ini dengan Wakil Gubernur

Selain dipengaruhi aktivitas ekonomi dan rumah tangga, peningkatan jumlah sampah tersebut juga diakibatkan kurang terampilnya warga untuk mendaur ulang sampah tersebut. Kebanyakan rumah tangga warga tidak memilah dan memilih sampah-sampah yang bisa diolah kembali. Padahal, pemerintah Kabupaten Gorontalo telah mengkampanyekan program Bank Sampah.

Kepala DLH Kabupaten Gorontalo Syaiful Kiraman mengatakan angka tertinggi pemungutan sampah di tahun 2017 berada di bulan Oktober bertepatan dengan penilaian Tropi Adipura.

BACA  Personel Polsek KPG Gagalkan Penyelundupan Cap Tikus Lewat Jalur Laut

Disisi lain permasalahan sampah di Kabupaten Gorontalo memang masih menjadi masalah. Karena itu pemerintah telah menggagas sejumlah inovasi agar dapat meminimalisir sampah masyarakat, sekaligus mengarahkannya menjadi produk-produk kreatif. Hanya saja, masyarakat yang sadar akan hal tersebut sangat kecil.

“Bahkan banyak di antara warga yang kerap membuang sampah di sembarang tempat sehingga mengganggu pemandangan ibu kota,” kata Syaiful Kiraman. Selain itu diakui Syaiful, permasalahan lainnya seputar sampah di Kabupaten Gorontalo dipicu minimnya fasilitas tempat pembuangan sampah (TPS) yang representatif.

BACA  Wali Data OPD Dapat Bimtek Dari Diskominfotik Provinsi Gorontalo

Termasuk juga TPA. Saat ini, satu-satunya TPA yang ada di Kabupaten Gorontalo adalah TPA Talumelito, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo.

Namun yang dibuang ke TPA tersebut tidak saja sampah-sampah dari Kabupaten Gorontalo, tapi juga sampah yang berasal dari Kota Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango (Bobol). “Ini masih menjadi catatan kita kedepan, termasuk akan lebih memaksimalkan sosialisasi untuk pengelolaan sampah di Kabupaten Gorontalo,” jelas mantan Kepala BPM-PEMDES Kabgor tersebut. (tr-58)


Komentar