Minggu, 29 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kabgor Terapkan Siswa Haram Bawa Handphone ke Sekolah

Oleh Fajriansyach , dalam Gorontalo , pada Rabu, 1 Agustus 2018 | 13:37 WITA Tag:
  


“Kita beri kelonggaran siswa membawa gawai tapi tetap diawasi dengan memperketat batasan penggunannya. Saat jam pelajaran misalnya, sudah ada aturan tegas agar semua handphone miliki siswa wajib non aktif,” ujar Abram.

Abram memandang, cara demikian lebih pas dan mendorong aspek kesadaran luhur para siswa. Smarthone bisa dimiliki siswa karena pemberian orang tua dengan alasan khsusus sehingga bentuk pelarangan terhadap fasilitas teknologi yang bukan barang haram itu hanya akan mendorong siswa bermain kucing-kucingan.

BACA  Kasus Positif Covid-19 Melonjak di Gorontalo, Ini Langkah Gubernur

Abram mengatakan dengan memberlakukan cara tersebut, sistem belajar-mengajar di setiap sekolah di Kota Gorontalo sejauh ini tidak memiliki masalah karena smartphone. Bahkan, terbukti hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Kota Gorontalo terbaik di Provinsi Gorontalo.

Sebenarnya menurut Abram, yang perlukan bukanlah aturan pelarangan, melainkan aturan pembinaan. Karena itulah, setiap sekolah di Kota Gorontalo mewajibkan aturan wajib bagi siswa menonaktifkan smartphonenya saat belajar dan diikuti dengan mendorong penguatan pendidikan karakter secara menyeluruh, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah.

BACA  Pandemi Covid-19 Berdampak pada Sektor Pembangunan

“Itu, smartphone, kan, keperluan juga. Kalau ada orang tua yang ingin berkomunikasi dengan anak-anaknya, kan, lebih mudah. Tapi pastinya kita perketat pengawasannya dan perkuat pembinaanya agar smartphone digunakan siswa pada tempatnya,” katanya.

BACA  Digagas, BLK Gorontalo Menjadi UPT Kemnaker RI

Sebenarnya, kebijakan dilarang membawa HP ke sekolah bagi siswa sudah diterapkan pada beberapa sekolah swasta di Kota Gorontalo. Salah satunya yakni MIT Al Ishlah. Ketika kedapatan membawa HP, maka guru wajib meyita dan menyerahkan ke orang tua siswa. (tr58/and/gp/hg)

Laman: 1 2


Komentar