Selasa, 5 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kabid Propam Polda Cek Mekanisme Penjagaan Tahanan Polres Gorontalo Kota

Oleh Admin Hargo , dalam Ragam , pada Kamis, 19 Mei 2022 | 22:05 Tag: ,
  Kepala Bidang Propam Polda Gorontalo, Kombes Pol. Ferdiansyah, SIK, ketika melakukan pengecekan mekanisme penjagaan tahanan di Polres Gorontalo Kota, Kamis (19/05/2022). (Foto : Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Kepala Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Gorontalo Kombes Pol. Ferdiansyah, SIK yang saat ini menduduki sebagai PLH Kapolres Gorontalo Kota melakukan pengecekan Rutan di Mapolsek jajaran Polres Gorontalo Kota, Kamis (19/05).

Ferdiansyah mengungkapkan, mengecek kondisi ruang tahanan merupakan salah satu hal yang penting dilakukan. Selain mengecek secara langsung kondisi kesehatan orang-orang yang ditahan, juga mengecek kondisi ruang tahanan apakah layak atau tidak.

“Kondisi tahanan sehat semua, kondisi fisik ruang tahanan juga bagus. Perlunya pengecekan untuk memastikan misalnya ada yang sakit atau antisipasi tahanan melarikan diri,“ tuturnya.

Kombes Pol. Ferdiansyah juga mengecek SOP dan kesiapan petugas jaga serta mekanisme penjagaan ruang tahanan. Dimana personel jaga tahanan ditekankan selalu melakukan kontrol kepada tahanan khususnya terkait masalah kesehatan dan kebersihan serta keamanan tahanan. Dalam pelaksanaannya dilakukan secara rutin setiap jam dan secara detail setiap hari meliputi pengawasan terhadap benda-benda membahayakan.

“Ini menjadi prioritas saya, tentunya pemeriksaan tidak hanya dilakukan petugas saja. Pastikan semua ruangan terkunci dengan benar dan kamera CCTV berfungsi dengan baik,“ pesannya.

Selain itu, Ferdiansyah juga mengingatkan kepada para tahanan agar selalu menjaga kebersihan ruangan dan berperilaku baik serta menjaga kesehatan pribadi baik fisik dan mental selama menjalani masa tahanan.

“Mereka memiliki hak untuk diperlakukan secara baik dan kalau ada kebutuhan yang menyangkut kesehatan maupun kebutuhan pribadi agar mereka menyampaikan kepada petugas jaga,“ pungkasnya. (***)

 

Rilis : Humas Polda Gorontalo

(Visited 48 times, 1 visits today)

Komentar