Saturday, 24 July 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kabupaten Gorontalo Siap Suplai 1.000 Ekor Sapi ke JakartaÂ

Oleh Berita Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Thursday, 17 June 2021 | 22:05 PM Tags: ,
  Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo saat bertemu Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Jakarta, Kamis (17/06/2021). (Foto:Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Pintu gerbang Kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Gorontalo dengan Pemerintah DKI Jakarta mulai terbuka. Kedua daerah tersebut tengah mempersiapkan kerja sama di bidang pangan, Khususnya ternak Sapi. 

Rencana Kerja sama tersebut terungkap usai Pertemuan yang dilakukan oleh Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Ruang kerja Anies Baswedan, Kamis (17/6/2021) di Jakarta. 

“Iya, Pertemuan kami tadi membahas tentang kerjasama dalam hal pangan ternak sapi. Insya Allah melalui sektor peternakan ini akan menjadi pintu gerbang kerjasama kita dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta,” kata Nelson Pomalingo saat diwawancarai usai pertemuan tersebut. 

Nelson Pomalingo menjelaskan, Produksi jagung di Kabupaten Gorontalo terbilang cukup tinggi, sehingga dapat menjamin kebutuhan pakan ternak sapi yang akan disuplai ke ibukota. Selain itu Kabupaten Gorontalo memiliki PT Popan sebagai penyedia pakan ternak.

Nelson Pomalingo mengungkapkan, Jumlah sapi di Provinsi Gorontalo berjumlah kurang lebih 200 Ribu ekor, dimana lebih dari separuh jumlah Sapi tersebut berada di Kabupaten Gorontalo. Dalam lima tahun terakhir saja, Pemerintah Kabupaten Gorontalo telah menyalurkan 10 ribu ternak sapi kepada masyarakat.

Melihat potensi tersebut, kata Nelson Pomalingo, setiap Bulannya Kabupaten Gorontalo siap untuk menyuplai 1000 ekor sapi untuk memenuhi Kebutuhan daging sapi di DKI Jakarta yang rata rata membutuhkan 700 ekor perbulannya.

“Melihat potensi yang ada, maka kita akan mensuplai daging sapi ke Jakarta. Terlebih Provinsi Gorontalo banyak menyuplai jagung di berbagai daerah,” terang Nelson Pomalingo. 

Melalui Kerja sama tersebut maka Potensi Provinsi Gorontalo untuk menjadi lumbung ternak akan semakin terbuka lebar. Hal ini juga akan berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat untuk menekan angka kemiskinan di Gorontalo. 

“Kami juga berharap pemerintah Dki Jakarta bisa membuat Rumah Potong Hewan (RPH), untuk membuat pegembangan pertenakan di Kabupaten Gorontalo. Untuk teknisnya, akan dibahas bersama Dinas Peternakan BUMD, Dinas Pangan serta BUMD DKI Jakarta,” kata Nelson Pomalingo. (hiu/adv/hargo)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar