Minggu, 5 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kades Non Aktif Ilangata Mengadu ke DPRD

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Selasa, 23 November 2021 | 13:05 PM Tag: , , ,
  Komisi I DPRD Gorontalo Utara saat menerima aduan dari Kades Ilangata non aktif, Sumarjin Moohulao, Senin (11/22/2021). (Foto: Istimewa).

Hargo.co.id, GORONTALO – Kepala Desa (Kades) non aktif Ilangata, Sumarjin Moohulao mengadu ke DPRD Gorontalo Utara (Gorut). Aduan yang berisi sembilan poin itu diterima langsung oleh Komisi I, pada Senin (22/11/2021). 

“Pasti kami akan memproses aduan tersebut secara internal. Untuk yang bersangkutan tadi telah kami terima sekaligus dengan laporan tertulisnya,” kata Wakil Ketua Komisi I DPRD Gorontalo Utara, Matran Lasunte.

Dijelaskan oleh Matran Lasunte, untuk alasan aduan yang disampaikan ke pihaknya semuanya terangkum dalam 9 poin. Salah satunya terkait dengan persoalan rasa adil. 

“Yang bersangkutan merasa tidak mendapatkan perlakukan yang adil dibandingkan dengan pejabat kepala desa lainnya yang melakukan pelanggaran,” ujarnya.

Kemudian alasan yang lain lagi disampaikan bahwa dengan diberhentikannya yang bersangkutan dari kepala desa menyebabkan visi dan misi tidak tercapai. 

“Di sisi lain terhadap keputusan tersebut dirinya mengalami dampak kerugian immateriil, kehilangan kepercayaan,” tegasnya.

Dasar surat dari BPD Desa Ilangata nomor 6/BPD/Ilt/II/2021 tertanggal 6 Februari 2021 yang digunakan sebagai dasar pemberhentian atas dirinya kata Matran, tidak dapat dijadikan dasar karena yang bersangkutan sementara menjalani sanksi sementara selama 3 bulan, dan masih ada lagi beberapa aduan lainnya.

Pada dasarnya, kata Matran Lasunte, pihaknya akan merespon dan memproses laporan tersebut sesuai dengan prosedur yang ada. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 27 times, 1 visits today)

Komentar