Senin, 3 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kado HUT Gorontalo Utara, Kominfo Luncurkan Aplikasi Smart Village

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Jumat, 30 April 2021 | 08:05 WITA Tag: , ,
  Launching program smart village yang dihadiri langsung oleh Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, Kamis (29/04/2021). (Foto: istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Kado istimewa di Hari Ulang Tahun (HUT) ke 14 Gorontalo Utara (Gorut) dari Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) yakni peluncuran program Smart Village yang masuk dalam 127 janji politik bupati dan wakil bupati.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten, Robin Daud dalam keterangan ke sejumlah awak media, dikatakan bahwa program Smart Village merupakan program dalam rangka peningkatan pelayanan publik. 

“Tujuannya tentu untuk pelayanan publik yang lebih mudah lagi diakses oleh seluruh lapisan masyarakat melalui perangkat android,” ungkapnya.

Untuk memaksimalkan program tersebut, Robin mengatakan bahwa mulai hari ini, pihaknya telah menyiapkan perangkat lunak yang dapat menjawab program. 

“Dan program ini telah di-launching oleh pak bupati dan juga telah disosialisasikan kepada semua pihak baik kepada masyarakat dan juga seluruh aparatur yang ada,” jelas Robin.

Dengan aplikasi ini, kata Kadis Kominfo, masyarakat akan lebih mudah dalam mengakses atau memperoleh layanan. 

“Memang salah satu konsep dari program ini yakni konsep inovasi dalam rangka peningkatan pelayanan publik,” jelasnya.

Saat ini merupakan era keterbukaan kata Robin, sehingga tidak ada yang ditutup tutupi lagi, dalam artian untuk pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintah dan juga aduan atau aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat tidak terbatas ruang dan waktu. 

“Karena aplikasi ini berbasis android, sehingga bagi siapa saja yang memiliki fasilitas pendukung seperti handphone android dapat mengakses dari mana saja dan kapan saja,” tegasnya.

Nantinya program smart village ini akan terintegrasi dengan smart government, smart living dan smart ekonomi. 

“Dari 6 komponen yang akan dibangun, 3 diantaranya itu telah terbangun yakni smart government terkait dengan layanan pemerintahan, smart ekonomi terkait pemberdayaan ekonomi masyarakat dan smart living terkait dengan jaminan kehidupan masyarakat yang cepat seperti ketika masyarakat membutuhkan layanan penanggulangan bencana” pungkasnya. (abk/adv/hargo)

BACA  Atasi Persoalan Sampah, Pemanfaatan Energi Terbaru dan Terbarukan

Komentar