Kamis, 26 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kalimat “Belum Lima Menit”, Fakta atau Mitos?

Oleh Berita Hargo , dalam LifeStyle , pada Rabu, 10 Agustus 2016 | 14:05 WITA Tag: , , , ,
  


Hargo.co.id – Bagi anda percaya aturan makanan jatuh yang mengatakan “belum lima menit (5 detik kalau di luar negeri”, itu artinya ada meyakini bahwa butuh waktu lebih dari itu bagi kuman untuk menginvasi makanan anda dan aman untuk dikonsumsi.

Namun profesor yang ahli di bidang sains dan makan dari Clemson University di Amerika Serikat bernama Paul Dawson, PhD, memiliki keyakinan lain. Ia menjelaskannya dalam artikel yang ditulisnya di CNN.com tentang penelitian yang ia lakukan melibatkan bakteri Salmonella dengan beberapa sampel makanan.

BACA  Ini Dia Manfaat Susu Beruang yang Tidak Bisa Diremehkan

Dalam percobaan yang dilakukan dalam tiga tahap, antara makanan yang jatuh selama 5 detik, 30 detik dan 60 detik untuk melihat seberapa banyak bakteri yang ikut pada makanan yang sudah menyentuh permukaan lantai seperti lantai kayu, karpet dan ubin lantai.

BACA  9 Manfaat Rutin Minum Air Rebusan Pare

Dalam temuan yang dirilis pada Journal of Applied Microbiology tahun 2006 silam itu mengungkapkan bahwa bukan berapa lama makan tersebut tergeletak dipermukaan lantai, namun berapa banyak bakteri yang terdapat pada permukaan lantai itu sendiri.

Pada roti dan bologna yang terjatuh pada permukaan ubin dan kayu, ditemukan setidaknya 60 persen resiko kontaminasi bakteri. Berbeda dengan roti dan bologna yang jatuh pada permukaan karpet dengan resiko kontaminasi bakteri hanya 1 persen.

BACA  Begini Cara Alami Turunkan Gula Darah

“Beberapa bakteri memiliki sifat yang jahat dan dapat membuat anda sakit meski makanan yang anda makan hanya sedikit bagiannya yang terkontaminasi,” kata Dawson menambahkan resiko hal itu dapat terjadi terbilang sangat kecil. (fajar/hargo)


Komentar