Sabtu, 17 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kampanyekan Istri, Fadel Muhammad Terbentur Masalah

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Kamis, 22 Desember 2016 | 07:03 WITA Tag: , , , ,
  


GORONTALO, Hargo.co.id – Optimisme politikus Golkar Fadel Muhammad untuk allout mengampanyekan istrinya Hana Hasanah di Pilgub Gorontalo sepertinya tak akan berjalan mulus.

Meski, mantan Gubernur Gorontalo dua periode itu telah mendapatkan izin cuti dari aktifitas partai yang dikeluarkan dewan pembina DPP Golkar.

Fadel Muhammad yang saat ini menjadi anggota DPR-RI, masih akan terbentur dengan masalah baru. Yakni soal persoalan persyaratan izin cuti kampanye bagi pejabat negara.

BACA  Pertahankan Batas Wilayah, DPRD Temui Lembaga Tinggi Negara

Keharusan cuti bagi pejabat negara termasuk anggota DPR-RI untuk berkampanye di Pilkada, diatur secara khusus dalam pasal 61 PKPU nomor 12 tahun 2016.

Untuk berkampanye, anggota DPR diharuskan untuk mengantongi izin cuti yang dikeluarkan oleh pimpinan Fraksi atau pimpinan DPR-RI. Setelah itu, izin cuti tersebut diteruskan ke KPU.

Disinilah hambatan yang akan dihadapi Fadel Muhammad.

Dia bisa mendapatkan ganjalan dalam mendapatkan izin cuti dari pimpinan fraksi Golkar atau pimpinan DPR-RI.

BACA  Pedagang dan Pengunjung Butuh Fasilitas Tambahan di Kawasan Matobonebol

Sebagaimana diketahui, Ketua Fraksi Golkar dan Ketua DPR-RI saat ini dipegang oleh Setya Novanto. Artinya, izin cuti kampanye untuk Fadel harus diteken oleh Setya Novanto.

Sementara Setya Novantor yang juga Ketua DPP Golkar sebelumnya telah menjatuhkan sanksi kepada Fadel Muhammad berupa pemberhentian dari jabatan Sekretaris Dewan Pembina DPP.

Fadel diberikan sanksi karena tidak mendukung Rusli Habibie yang menjadi calon Golkar di Pilgub Gorontalo. Fadel mendukung istrinya Hana Hasanah yang berpasangan dengan Toni Junus.

BACA  Pendataan Keluarga Tahun 2021 di Provinsi Gorontalo Resmi Diluncurkan

Sekretaris DPD I Golkar Gorontalo Paris Jusuf, yang dimintai tanggapannya atas terbitnya surat dewan pembina DPP Golkar terkait izin cuti untuk Fadel, menanggapinya dengan penjelasan atas mekanisme cuti kampanye bagi anggota DPR dan DPRD di Pilkada 2017.

Menurut Paris, anggota legislatif partai Golkar yang akan berkampanye di Pilkada harus mengajukan cuti dan disetujui oleh ketua fraksi dan pimpinan partai.

Laman: 1 2


Komentar