Kandang Ayam Terbakar, Peternak Rugi Ratusan Juta

Kadang ayam di Desa Talumelito, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo terbakar, Selasa (13/08/2019). (Foto Natha/Gorontalo Post).

Hargo.co.id, GORONTALO – Kebakaran hebat meluluhlantahkan sebuah kandang berisi ribuan ekor ayam milik Zainudin di Desa Talumelito, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, Selasa (13/08/2019) siang. Ribuan ternak ayam broiler itu terpanggang, berikut kandangnya dengan total kerugian ditaksir mencapai Rp 200 juta.

Menurut keterangan Zainudin, saat api mulai membesar, warga sekitar sempat menghubungi petugas pemadam kebakaran dari BPBD Kabupaten Gorontalo. Namun, menurut Zainudin, informasi dari petugas setempat, mobil kebakaran rusak.

Terpaksa, dia harus menunggu bantuan dari Dinas Pemadam Kebakaran Provinsi Gorontalo. Saat mobil pemadam kebakaran  tiba di lokasi, api sudah terlanjur membesar. Meski berhasil dipadamkan, kandang sudah jadi arang.

Api yang membakar kandang yang disewa Zainudin itu merembet dari pohon jati yang terbakar di dekat kandang.  Namun, siapa yang membakar jati tersebut, hingga kini belum diketahui.

“Saya tidak sempat lihat siapa yang membakar, tau-tau ketika saya sampai di kandang, pohon jati itu sudah terbakar sampai ke ujung,” ujarnya.

Awalnya, sore itu, Zainudin meninggalkan kandang dalam kondisi aman-aman saja. Kebetulan, dia meninggalkan tempat itu untuk pergi melayat. Setengah jam kemudian, Zainudin balik ke kandang. Api di pohon jati sudah membesar. Karena angin kencang,  daun dan ranting pohon jati yang terbakar itu melayang dan jatuh ke atap kandang yang hanya terbuat dari  duan nipah. Seketika Si Jago Merah beraksi.

“Jadi api ini bisa jadi lewat atas. Kalau lewat bawah, mungkin juga, jatuh di sektiar kandang,” katanya.

Menyusul insiden ini, Zainudin mengaku mengalami kerugian besar. Kebanyakan ayam ternak yang dipelihara sudah terpanggang. Belum lagi bangunan kandang tersebut. Menurut Zainudin, diperkirakan total kerugian mencapai sekitar Rp 200 juta. (and/gp)

-