Kanker Tulang Banyak Serang Remaja, Biasa Tumbuh di Bagian Ini

Ilustrasi (Pixabay.com)

Hargo.co.id– Kanker tulang biasanya diderita oleh anak remaja yang pertumbuhan tulangnya sangat cepat. Biasanya sel kanker ini dipicu oleh benturan yang keras. Ada yang karena terjatuh atau terbentur dengan benda keras saat bermain dan berjalan.

Benturan itu mungkin mengakibatkan perubahan yang terjadi pada pembentukan tulang. Normalnya, tulang remaja terjadi sangat cepat. Hal itu berbeda dengan seseorang yang tidak dalam masa pertumbuhan. Pertumbuhan ini terjadi di beberapa tulang panjang seperti pada kaki dan tangan.

“Pada remaja pertumbuhan tulang pada remaja lebih cepat. Mungkin karena memang lokasi pertumbuhan kanker tulang itu berada di tulang tumbuh tinggi seperti di tulang panjang di kaki dan di lengan lalu terjadi benturan yang keras,” jelas Pakar Kesehatan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) Agung Waluyo, Kamis (5/4).

Pria yang ahli di bidang Keperawatan Medikal Bedah ini menambahkan, benturan itu barangkali yang mengakibatkan proses pertumbuhan sel tulang normal jadi tak terkendali. Bicara soal peluang sembuh, Agung menegaskan hal itu tergantung pada deteksi dini sel kanker tersebut.

“Karena dikira hanya keseleo atau terkilir jadi sering orang tak menyangka itu kanker dan didiamkan beberapa pekan atau sebulan. Dan itu sebabnya seseorang habis mengalami trauma di lututnya enggak segera langsung dibiopsi supaya ketahuan itu kanker stadium 1. Karena enggak sadar dipikirnya bengkak biasa,” jelas Agung.

Kanker stadium 1 adalah kondisi sel kanker hanya ada di jaringan tempat dia tumbuh. Stadium 2 dan 3 biasanya kanker itu sudah meluas ke jaringan sekitarnya. Sedangkan stadium 4 atau lanjut sudah menyebar ke organ yang sangat jauh.

“Misalnya awalnya di lutut lalu menyebar ke hati atau menyebar ke otak. Seseorang tak akan bisa mengetahui dia stadium awal karena stadium awal belum ada gejala. Belum timbulkan gangguan jaringan sekitarnya,” ungkapnya. (cr1/JPG/HG)

-