Friday, 6 August 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kantongi Banyak Data, Panitia Hak Angket Segera Lakukan Pemeriksaan

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Legislatif , pada Tuesday, 8 June 2021 | 06:04 AM Tags: ,
  Panitia Hak ANgket menggelar rapat pada Senin (07/06/2021) guna menyusun langkah selanjutnya. (Foto: istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Sejak dibentuk, Panitia Hak Angket ternyata banyak mengumpul data, sebagai bahan untuk melangkah selanjutnya. Berdasarkan hal itu, mulai pekan depan Panitia Hak Angket akan mengundang instansi dan pejabat yang berwenang untuk dilakukan pemeriksaan.

Ini diungkapkan Ketua Panitia Hak Angket, Aryati Polapa usai memimpin rapat internal, Senin (07/06/2021). Rapat tersebut terkait penyusunan program serta jadwal yang akan dilakukan oleh Panitia Hak Angket. 

“Yang pasti dalam rapat tersebut semua anggota panitia hadir, dan telah menyusun program serta jadwal. Dan target pelaksanaannya selama 9 minggu,” kata Aryati Polapa.

Menurutnya, Hak Angket kali ini sudah beda dari yang kemarin, karena ini lebih kepada penyelidikan. Artinya, panitia tak lagi memerlukan keterangan, karena data, bukti dan dokumen itu semua telah dikantongi. 

“Baik itu keterangan hasil pemeriksaan dan lainnya itu semua sudah ada pada panitia,” tegasnya.

Seperti apa konsep ketika menghadapi para ‘undangan’? Dijelaskan oleh Aryati Polapa, akan mendesain pertanyaan yang jawabannya hanya iya dan tidak. Aryati Polapa juga mengungkapkan jika ada 11 poin penting dalam hak angket ini yang akan ditelusuri. 

“Misalnya terkait dengan manajemen ASN yang dinilai bahwa bupati laksanakan kebijakan yang diduga tidak sesuai regulasi dan faktanya ada teguran,” ujar Ariyati Polapa.

Persoalan lainnya terkait dengan tidak ada respon yang baik atas surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

“Pada intinya, yang menjadi alat ukur bagi DPRD Gorontalo Utara adalah regulasi,” kuncinya. (abk/adv/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar