Jumat, 7 Oktober 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kantor Cabang Diknas Wanggarasi Terancam Amruk

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Selasa, 13 September 2016 | 12:16 Tag: , ,
  

 

Hargo.co.id WANGGARASI – Sangat memprihatinkan. Saat pemerintah tengah menggenjot mutu pendidikan agar dapat setara dengan daerah lain, di Wonggarasi (Pohuwato) justru memberi pemandangan yang memprihatinkan. Betapat tidak, infrastruktur pendidikan di daerah tersebut, seperti Kantor Cabang Diknas terancam ambruk.

Kenapa bisa? Kondisi bangunan yang diperkirakan didirikan 2013 silam itu, sudah retak, terutama bagian dinding, lantai, pondasi dan bagian terpenting dalam kontruksi bangunan.

Pantauan Gorontalo Post beberapa waktu lalu nampak kondisi bangunan tak ubanya seperti bangunan tua yang hendak roboh. Kondisi bangunan sudah retak – retak, meski demikian bangunan tersebut masih ditempati oleh pegawai untuk bertugas sehari – hari.

Ini cukup membahayakan, apalagi ketika gempa bumi. Namun sangat disayangkan karena semua pegawai di kantor tersebut memilih bungkam ketika Gorontalo Post mencoba mencari tahu kapan hal seperti ini mulai terjadi. Ada yang menginfomasikan jika kondisi sepeprti itu sudah terlihat sejak bangunan ini tak lama ditempati.

“Jadi kondisi bangunannya mulai retak pak, kami tidak hendak berspekulasi penyebab rusaknya bangunan ini. Hanya saja dari upaya yang sudah dilakukan sudah beberapa kali berupa meminta bantuan dari instansi terkait agar mengucurkan anggaran untuk merehab bangunan ini, hanya saja permohonan itu belum terealisasi,” ungkap salah seorang pegawai, yang mana baru sadar kalau tengah bercerita dengan wartawan usai mengungkap kan sebenarnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pohuwato Lusiana Bouty dikonfirmasi membenarkan jika kondisi bangunan Kantor Cabang Diknas dalam kondisi retak.

“Jadi bisa saja kondisi tekstur tanahnya retak karena berada diwilayah yang berair, bisa saja faktor lainnya yang menyebabkan kondisi bangunan itu retak. Untuk rehab bangunan belum dapat dilakukan tahun ini, kit akan perjuangkan tahun 2017 mendatang bisa dicover dalam rehab bangunan,” jelasnya. (tr-30/hargo)

(Visited 4 times, 1 visits today)

Komentar