Sabtu, 27 November 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kapolda Minta Balap Liar Ditindak

Oleh Berita Hargo , dalam Headline Metropolis , pada Senin, 21 Mei 2018 | 11:15 AM Tag: , ,
  

GORONTALO, Hargo.co.id – Seperti biasanya aksi balapan liar saat bulan Ramadan marak terjadi. Kendati berulang kali ditegur, dirazia, bahkan ditangkap, rupanya belum mampu memberikan efek jera kepada para pelaku balap liar di Kota Gorontalo.

Bahkan belakangan aksi mereka makin nekat, dan mulai berani untuk menutup sejumlah ruas jalan utama di Kota Gorontalo saat aksi trek-trekan mereka mulai digelar.

Hal ini seperti hasil pantauan Gorontalo Post (Hargo.co.id), beberapa hari belakangan ini sejak hari pertama Ramadan, balap liar kembali marak terjadi. Bahkan aksi balap liar itu makin terlihat nekat.

Jika dulu para oknum pembalap liar yang sebagian besarnya masih berusia remaja itu menggelar aksi balap liarnya saat jalanan mulai sepi, aksi mereka mulai dilakukan saat jalanan Kota Gorontalo masih ramai-ramainya.

Sontak para pembalap cilik itu seringkali membahayakan para pengguna jalan lain. Tak jarang pula, para pelaku balap liar itu mengalami kecelakaan, berupa tabrakan kecil antara mereka sendiri. Namun kecelakaan kecil itu tak membuat mereka jera, sebaliknya malah semakin membuat aksi mereka makin menjadi.

Aksi balap liar yang dilakukan pada jam istirahat itu kerap membuat warga geram. Pasalnya, warga yang ingin istirahat untuk persiapan sahur terganggu dengan bisingnya suara knalpot balap liar. Maka tak jarang warga sering mengutuk aksi ini dengan sumpah serapah.

Berulang kali aparat kepolisian, baik dari Sabhara Polres Gorontalo Kota dan tim dari Reskrim Polres Gorontalo Kota terjun langsung ke lokasi kejadian untuk mengejar ataupun membubarkan aksi balap liar itu, namun keesokan harinya mereka tetap mendatangi bundaran Hulonthalo Indah untuk mengulang kembali aksi balap liar itu.

Ironisnya, aksi balap liar ini malah menjadi tontonan seru bagi warga Kota Gorontalo, utamanya para generasi muda. Mereka nampak memadati Bundaran Hulonthalo Indah pada malam hari, untuk menyaksikan langsung aksi balapan yang dilakukan oleh para pembalap cilik itu.

Kapolda Gorontalo Brigjend Pol Drs Rachmad Fudail, MH sendiri angkat bicara mengenai aksi balap liar itu. Kapolda menegaskan pihaknya akan melakukan penindakan terhadap para pelaku balap liar. Dimana pihaknya akan melakukan operasi untuk memberantas balap liar di Kota Gorontalo.

“Memasuki bulan suci Ramadan ini saya minta kepada seluruh warga Gorontalo untuk tidak melakukan atau menghindari kegiatan yang kontraproduktif termasuk salah satunya balap liar, dan untuk balap liar ini saya telah meminta kepada jajaran untuk segera mengambil tindakan, karena aksi balap liar bisa membahayakan pengguna jalan lainnya,” tegasnya.

Tak hanya itu, Kapolda juga meminta kepada seluruh warga Gorontalo agar saat menjalankan ibadah, untuk tetap memperhatikan kondisi rumah yang ditinggalkan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. (yds-gp/hg)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar