Jumat, 23 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kapolri Jenderal Idham Azis Lantik 8 Kapolda Baru

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Kabar Nusantara , pada Senin, 31 Agustus 2020 | 19:35 WITA Tag:
  Kapolri Jenderal Pol Idham Azis meminta maaf. Foto: Ricardo/JPNN.com


Hargo.co.id, JAKARTA – Kapolri Jenderal Idham Azis memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) perwira tinggi dan korps rapor di Rupatama Mabes Polri, Senin (31/8).

Dilansir dari JPNN.com, Dalam kegiatan ini, ada delapan kapolda baru yang dilantik oleh orang nomor satu di Korps Bhayangkara itu.

“Telah dilakukan sertijab ada sebanyak delapan kapolda, asops dan Kadiv TIK Polri,” ujar Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Awi Setiyono di Jakarta, Senin (31/8).

Pelantikan ini sebagaimana tertuang dalam surat telegram bernomor ST/2247/VIII/KEP/2020 per tanggal 3 Agustus 2020 lalu.

BACA  Tito Karnavian Tak Segan Beri Sanksi Kepala Daerah yang Tak Netral

“Kemudian dilakukan juga upacara kenaikan pangkat pati Polri ada sepuluh naik ke irjen, ada 12 naik ke brigjen,” beber Awi.

Dalam telegram itu, ada sejumlah perwira tinggi yang diangkat menjadi Kapolda, seperti Irjen Herry Rudolf Nahak diangkat menjadi Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim).

Lalu, Irjen Bambang Kristyono yang sebelumnya menjabat Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri diangkat menjadi Kapolda Kalimantan Utara (Kaltara).

BACA  Dokter Reisa Beberkan Strategi 3T dan 3M Satgas yang Berhasil Tekan Pertumbuhan Covid-19

Jabatan Kapolda Sulawesi Utara bakal diisi Irjen RZ Panca Putra S sebelumnya menjabat Widyaiswara Kepolsian Utama TK I Sespim Lemdiklat Polri.

Kemudian, ada Irjen Merdisyam yang sebelumnya menjabat Kapolda Sulawesi Tenggara dimutasi menjadi Kapolda Sulawesi Selatan.

Setelah itu ada Brigjen Yan Sultra akan menjadi Kapolda Sulawesi Utara setelah sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Sulawesi Utara.

Sementara jabatan Wakapolda Sultra akan ditempati Brigjen Waris Adono.

Brigjen Abdul Rakhman Baso diangkat menjadi Kapolda Sulawesi Tengah.

BACA  Menpora Luncurkan Logo Hari Sumpah Pemuda 2020

Irjen Lotharia Latif sebelumnya menjabat Kakorpolairud Polri diangkat menjadi Kapolda Nusa Tenggara Timur.

Selain itu, Brigjen Akhmad Widyagus yang diangkat menjadi Kapolda Gorontalo.

Dia bertugas menggantikan Irjen Adnas yang sekarang diangkat menjadi Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri. (cuy/jpnn/hg)

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com dengan judul: “Kapolri Jenderal Idham Azis Lantik 8 Kapolda Baru“. Pada edisi Senin, 31 Agustus 2020.

Komentar