Senin, 5 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Karawo Akan Mejeng di Ajang Panasonic Gobel Award

Oleh Berita Hargo , dalam Ekonomi Headline , pada Selasa, 24 Oktober 2017 | 20:49 WITA Tag: , ,
  


GORONTALO, hargo.co.id – Satu lagi kesempatan untuk mengorbitkan kerajinan asal Gorontalo, karawo. Kali ini, dalam ajang Panasonic Gobel Award (PGA) yang akan dilaksanakn pada 27 Oktober nanti.

Tak hanya baju karawo, ada juga kue karawo yang akan dijadikan sebagai ole-ole spesial. Bahkan, pihak penyelenggara sudah memesan karawo untuk dibagikan kepada 700 tamu VIP pada ajang anugerah tersebut.

Wakil Walikota Gorontalo, Charles Budi Doku, tidak menampik kabar tersebut. Dia mengaku sudah dikontak langsung oleh penanggung jawab kegiatan PGA, Rama Datau.

“Sejak beberapa bulan lalu, saya sudah dikontak langsung oleh pak Rama Datau, dimana ia ingin memesan karawo untuk dijadikan souvenir dalam ajang PGA di Jakarta nanti,” ungkapnya.

Mendengar apa yang disampaikan oleh Rama tersebut, Budi Doku menyampaikannya kepada sang isteri, Sherly Djou sehingga mereka langsung menghubungi semua pembuat Karawo di Gorontalo khususnya di kota Gorontalo untuk dipesan dan akan dibawa ke Jakarta.

BACA  Hadapi Cuaca Ekstrim, Ini Harapan Wagub Gorontalo Terhadap Instansi Terkait

“Isteri saya (Sherly Djou,red) sangat aktif, bahkan kami memantau langsung proses pembuatan kue karawo yang akan dijadikan ole-oleh di ajang paling bergensi tersebut,” kata Budi Doku.

Dia juga menyampaikan sudah seharusnya pemerintah memberikan apresiasi terhadap apa yang dilakukan oleh Rama Datau.

“Para pengrajin tidak terlalu butuh bantuan kredit, tapi sebagai pemerintah bagaiamana kita menyiapkan pasar dan kebijakan yang pro terhadap para pengarajin karawo,” ungkap Budi Doku.

Sementara itu, penanggung jawab PGA, Rama Data, menyampaikan dia ingin karawo harus tetap dijaga dan diangkat ke tingkat nasional bahkan Internasional.

“Saya merasa sekarang itu karawo masih belum di maksimalkan sehingga orang masih melihat karawo sebelah mata. Seharusnya, karawo itu bisa jauh lebih dari sekarang ini. Batik saja yang batik tulis sekarang sudah bisa masuk di pasaran ekslusif. Saya yakin karawo juga begitu juga dengan kue karawo

BACA  Rusli Habibie dan Idah Syahidah Serahkan LHKPN ke KPK

seperti ini hanya ada di Gorontalo berbeda seperti kue kering lainnya seperti Nastar Kastengel, yang tidak mengedepankan keindahan dalam ukirannya selain yang rasanya enak juga,” ungkapnya.

“Saya pesan belum begitu banyak hanya untuk dibagikan kepada kurang lebih 700 undangan VIP di PGA. Harapannya, setelah itu mereka akan mengenal karawo dengan persepsi yang lebih tinggi,” kata ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jaya, Jakarta ini.

Selain kue Karawo, Rama juga memesan baju karawo yang akan digunakan oleh salah satu host di acara tersebut, yaitu Andika Pratama. Nantinya, Andika Pratama akan menggunakan baju rancangan dari desainer asal Gorontalo Agus Lahinta.

BACA  Image TPA Harus Jauh dari Kesan Kumuh dan Busuk

“Insya Allah sesuai dengan pesan dari pak Rachmat Gobel, bahwa kami sebagai generasi penerus harus bisa tetap menjaga melestarikan dan bahkan mengangkat budaya Gorontalo. Saya juga lagi mengusahakan untuk kopi Pinogu bisa disuguhkan kepada tamu-tamu PGA,” katanya.

Sementara itu, Agus Lahinta, merasa sangat senang ketika dipercayakan mendesain baju Karawo yang akan digunakan oleh host Andika Pratama.

“Saya mendapatkan perintah tersebut sekitar tiga pekan lalu, dan saya langsung bergerak cepat, datang langsung ke pengrajin, dan juga bekoordinasi dengan tim saya yang ada di Gorontalo maupun di Jakarta. Dan baju tersebut sudah dalam penyelesaian. Ini menjadi satu kebanggan lagi bagi Karawo, setelah tampil di New York Fashion Week, dan sekarang tampil di ajang sekelas Panasonic Gobel Award,” pungkasnya.(wan/hargo)


Komentar