Selasa, 13 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Karnaval 2.017 Anak Sapi Sepanjang Bayypas Ramaikan HUT Bone Bolango

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Jumat, 5 Mei 2017 | 14:48 WITA Tag: , ,
  


GORONTALO, hargo.co.id – Ulang tahun Kabupaten Bone Bolango selain akan mencatatkan sejarah dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) minum kopi Pinogu-Gabulu secara massal 6.517 orang.

Juga akan ada karnaval 2.017 anak sapi di kompleks Bayypas Bone Bolango yang juga akan mencatatkan dalam rekor Muri.

Pantauan Gorontalo Post Kamis (4/5), di sejumlah desa, anak sapi yang akan mengikuti karnaval sudah dihiasi dengan beragam hiasan yang menarik perhatian pengunjung. Di Hari H karnaval nanti, sepasang anak sapi dikendalikan oleh satu orang.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bone Bolango Sugondo Makmur mengatakan, start karnaval 2.017 anak sapi itu mulai dari simpang empat kantor Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Bone Bolango menuju arah Center Poin Bone Bolango Cemarlang.

BACA  Idris Rahim: BKSU Harus Diperkuat Untuk Kemajuan Daerah

Dan titik terakhir pemberhatian karnaval itu hingga de depan sekolah Man Insan Cendekia Gorontalo. Sapi-sapi yang akan mengikuti karnaval tersebut akan didatangkan dari seluruh desa yang ada di Kabupaten Bone Bolango. Setiap desa membawa 20-50 ekor sapi.

“Nanti kalau sudah sampai di depan sekolah Man Insan Cendekia, sapi-sapi itu akan dibawa ke kandang yang sudah disediakan dekat kantor BPIJ Gorontalo,”kata Sugondo Makmur.

Sementara itu Bupati Bone Bolango Hamim Pou kepada Gorontalo Post mengatakan, untuk pemecahan rekor Muri minum kopi organik Kopi Pinogu-Gabulu sebanyak 6.517 orang ini merupakan gagasan dan idenya.

Tujuan utamannya adalah Pemkab Bone Bolango ingin mengenalkan bahwa di Bone Bolango punya kopi yang betul-betul organik sehingga perlu dunia mengenal dan mengkonsumsinya.

BACA  Ini Hasil Rapat Yang Disepakati Forkopimda Gorontalo

“Itu tujuan dari pemecahan rekor muri minum kopi massal,”jelas Bupati. Sementara itu untuk karnaval anak sapi, pihaknya ingin mempertegas bahwa Bone Bolango adalah penghasil ternak sapi terbesar yang di Indonesia Timur.

Pada Hari H nanti, Bupati Bone Bolango Hamim Pou mewajibkan seluruh pejabat di lingkungan Pemkab Bone Bolango untuk memakai pakaian kerawang warna biru lengan panjang. Dan untuk pria wajib memakai kopiah karanji yang bertuliskan Bone Bolango dan 14 th pada sisi kiri dan kanannya.

Para pejabat yang dimaksud mulai dari Sekda, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Tim Kerja Bupati, Kepala SKPD dan camat serta seluruh pejabat eselon III dan IV. Termasuk seluruh Kepala Desa/Lurah.

BACA  Bayi yang Dibuang di Depan Ponpes Hubulo Dibekali Nama, Tasbih dan Peci

Untuk para tamu undangan nantinya akan dihadiri dari 50 daerah, para pejabat di kabupaten/kota yang ada di Provinsi Gorontalo, pihak kementrian keuangan, Kemenkumham, Direktorat Merk dan Indikasi Geografis, Ditjen Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) para pejabat Pemprov Gorontalo, Komisi IV DPR RI dan masyarakat di seluruh Provinsi Gorontalo.

Acara ini kata Bupati bakal ditonton warga di seluruh dunia. Ini karena pada pelaksanaannya nanti selain live streaming juga akan menggunakan video streaming secara online.

“Ini bukan hanya pestanya Pemerintah Daerah saja melainkan pestanya rakyat Bone Bolango. Mereka berpesta dan bersyukur atas pencapaian 14 tahun Bone Bolango yang kita cintai ini,”ungkap Bupati. (san/roy/hargo)


Komentar