Sabtu, 11 Juli 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Karyawan Jamkrindo Donasikan Miliaran Rupiah untuk Warga Terdampak Covid-19

Oleh Berita Hargo , dalam Advertorial , pada Kamis, 21 Mei 2020 | 17:09 WITA Tag:
  Pemimpin Cabang Jamkrindo Gorontalo, Juanda Indarmawan (kanan) menyerahkan secara simbolis bantuan sembako dan santunan anak yatim piatu program bina lingkungan, Rabu (20/05/2020). (Foto Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – PT.Jamkrindo Cabang Gorontalo membagi-bagikan bingkisan sembako kepada masyarakat sekitar yang terdampak Covid-19 dan memberikan santunan kepada anak yatim, Rabu (20/05/2020). Kegiatan tersebut dilakukan secara serentak di 56 cabang di seluruh Indonesia yang dikemas dalam ‘Gerakan Jamkrindo Peduli Dampak Covid-19’.

Pemimpin Cabang Jamkrindo Gorontalo, Juanda Indarmawan kepada media ini, menjelaskan, total paket sembako yang diserahkan oleh Jamkrindo di seluruh Indonesia sebanyak 6.600 paket. Itu bersumber dari dari potongan gaji direksi, potongan THR dan uang apresiasi perusahaan untuk karyawan Jamkrindo di 56 cabang termasuk Kota Gorontalo yang dilakukan secara sukarela.

Di Kota Gorontalo sendiri paket sembako tersebut telah dibagikan ke beberapa titik lokasi dengan mengutamakan prinsip tepat sasaran dan berdaya guna. Kriteria prioritas penerima bantuan tersebut antara lain diberikan kepada pedagang sayur, pemulung, pedagang keliling, pedagang pasar yang pasarnya ditutup, ojek pangkalan, buruh harian lepas, pedagang jajanan yang sebelumnya berjualan disekitar sekolah, karyawan/pekerja pabrik yang dirumahkan, ojek online dan masyarakat terdampak Covid-19.

“Selain itu, kami juga memberikan bantuan sembako dan santunan untuk 38 anak yatim kepada Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Titian Umat. Kami berharap bantuan tersebut bermanfaat dan mengurangi beban hidup masyarakat ditengah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia termasuk Provinsi Gorontalo,” ujar Pemimpin Cabang Jamkrindo Gorontalo Juanda Indarmawan.

BACA  Gubernur Gorontalo Cek Penerapan Protokol Kesehatan di Perkantoran

Sementara itu Direktur Utama Jamkrindo Randi Anto mengatakan, gerakan Jamkrindo Peduli Dampak Covid-19 merupakan bentuk konkret responsif dan empati segenap insane Jamkrindo atas situasi pandemi yang terjadi. Ia juga mengucapkan rasa syukurnya karena karyawan PT Jamkrindo dan anak usaha berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 2,9 miliar di seluruh cabang mereka.

”Saya bersyukur bahwa di tengah pandemi Covid-19, semua jajaran PT Jamkrindo dan anak usaha tetap bisa menyisihkan sebagian dari yang seharusnya mereka terima untuk didonasikan kepada masyarakat. Kami ingin bersama-sama membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 dan rumah sakit/klinik yang menjadi garda terdepan penanganan pandemi Covid-19,” ujar Randi dalam siaran pers, Selasa,(19/05/2020).

Bantuan akan diberikan dalam bentuk  bahan makanan sebanyak 6.600 paket, bantuan kesehatan (alat pelindung diri lengkap, ventilator, masker medis/non medis, hand sanitizer)  dan bantuan pendidikan. Bantuan kesehatan akan disalurkan ke sejumlah lembaga kesehatan untuk mendukung penanganan bagi masyarakat.

Adapun beasiswa pendidikan diarahkan untuk anak-anak tenaga kesehatan dan masyarakat yang kehilangan pekerjaan akibat PHK agar tetap bisa melanjutkan pendidikan anak-anaknya. Program ini juga sejalan dengan program dalam rangka HUT Jamkrindo, yakni Jamkrindo Peduli Kesehatan.

BACA  BLT Tahap II dan III Segera Rampung

Selain bantuan dari donasi insane Jamkrindo, Randi mengatakan bahwa PT Jamkrindo juga telah menyalurkan bantuan bina lingkungan secara berkelanjutan di beberapa titik di seluruh Indonesia. Bantuan yang telah didistribusikan baik secara langsung oleh PT Jamkrindo maupun melalui satgas Bencana BUMN di berbagai provinsi dan kabupaten telah mencapai Rp 1,757 miliar.

”Kami akan terus mendistribusikan secara berkelanjutan dalam semangat gotong royong Indonesia bangkit berupa alat kesehatan, alat pelindung diri lengkap, masker medis dan non medis ke rumah sakit serta puskesmas dan juga memberikan bantuan sembako,” ujar Randi.

Pemimpin Cabang Jamkrindo Gorontalo, Juanda Indarmawan (kanan) menyerahkan secara simbolis bantuan sembako dan santunan anak yatim piatu program bina lingkungan, Rabu (20/05/2020). (Foto Istimewa)
Pemimpin Cabang Jamkrindo Gorontalo, Juanda Indarmawan (kanan) menyerahkan secara simbolis bantuan sembako dan santunan anak yatim piatu program bina lingkungan, Rabu (20/05/2020). (Foto Istimewa)

Tak hanyaitu, Jamkrindo juga berkomitmen membantu UMKM agar bisa memiliki daya tahan dalam situasi pandemi ini. Komitmen ini ditujukan dengan berbagai inisiatif strategi seperti penyaluran pinjaman kemitraan dan melakukan pendampingan UMKM. Pemberian kredit modal kerja melalui pinjaman kemitraan ini diharapkan bisa membantu menggerakkan roda perekonomian khususnya bagi pengusaha mikro yang feasible but not bank able.

“Kami senantiasa dan berkomitmen untuk terus menjalankan program kemitraan ini. Program Kemitraan ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil mitra binaan Jamkrindo agar menjadi tangguh dan mandiri sekaligus memberikan multiplier effect bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,”kata Randi Anto.

Selama masa pandemi Covid-19 ini, Jamkrindo konsisten mendampingi mitra binaan. Di Ciletuh Palabuhan ratu Unesco Global Geopark, Jamkrindo memberikan bantuan pelatihan dan penyediaan sayuran organic dengan sistem tanam hidroponik untuk Asosiasi Homestay Ciletuh sejak pertengahan Maret lalu untuk memberi nilai tambah bagi homestay dan pendapatan sampingan pemilik homestay.

BACA  Jangan Beratkan Masyarakat Saat New Normal Diterapkan

Metode pelatihan dilaksanakan secara online untuk menghindari pertemuan atau tatap muka dan para peserta pelatihan dibekali pengetahuan mengenai jaga jarak fisik secara aman (physical distancing) untuk membatasi kontak fisik sesama anggota Asosiasi Homestay Ciletuh selama proses penanaman sayuran secara hidroponik.

Sejalan dengan perkembangan perekonomian saat ini, PT Jamkrindo juga melakukan restrukturisasi pinjaman kemitraan bagi mitra yang terdampak pandemi Covid-19.

Bentuk restrukturisasi itu adalah perpanjangan masa pinjaman atau penundaan pembayaran angsuran dengan mengacu pada pengajuan dari mitra binaan. Hal ini dilakukan oleh PT Jamkrindo sebagai respons dan tanggung jawab perusahaan dalam menyikapi pandemi Covid-19.

Diketahui PT Jamkrindo adalah perusahaan penjaminan yang saat ini merupakan anggota holding Asuransi dan Penjaminan dengan induk holding PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero). Sebagai perusahaan penjaminan terbesar di Indonesia, Jamkrindo berkomitmen untuk senantiasa memberikan penjaminan bagi para mitra perbankan dan lembaga keuangan non bank. (adv/lyd/hg)


Komentar