Jumat, 23 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kasus Aktif Covid-19 Mengalami Penurunan

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Kamis, 15 Oktober 2020 | 12:05 WITA Tag: , ,
  Ilustrasi virus corona, Covid-19(Foto: Shutterstock)


Hargo.co.id, GORONTALO – Sejak 2 Maret sampai 14 Oktober 2020, grafik kasus aktif Covid-19 secara nasional mengalami penurunan. Namun tingkat penurunan itu tidak merata.

Ada beberapa Kabupaten/Kota yang berada di titik waspada karena angka kasus aktifnya tergolong tinggi.

Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Dr. Dewi Nur Aisyah mengatakan, jumlah kasus aktif di 12 Kabupaten Kota lebih dari 1.000.

BACA  Razia Protokol Kesehatan Hingga Pandemi Covid-19 Berakhir

Kasus aktif ini lebih banyak terjadi di masyarakat perkotaan seperti Kota Ambon, Jayapura, Padang, Depok, Bekasi, Pekan Baru, dan lima wilayah kota besar di Jakarta.

Dalam talkshow “Covid-19 dalam Angka: Kabupaten/Kota Dengan Kasus Aktif > 1000” di Media Center Satgas Covid-19 Graha BNPB Jakarta, Rabu (14/10), Dewi menjelaskan hanya satu wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Bogor.

Adapun kasus aktif itu sendiri, kata Dewi, didampingi host dr. Lula Kamal, adalah pasien positif yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit.

BACA  Cegah Penularan Covid-19, Cuci Tangan Harus Sesering Mungkin

“Angka ini bermasalah. Ada yang 1.100 ada juga yang 2.000. Artinya kesiapan kota dalam penananganan pengendalian penularan dan memutus rantai penularan agar tidak terjadi peningkatan,” ujar Dewi.

Selain itu Dewi menyampaikan data kasus aktif di sejumlah kabupaten/kota yang disebutnya butuh perhatian agar tidak melonjak.

BACA  Kadis Kesehatan Bone Bolango Tegaskan, Corona Bukan Aib

Sebanyak 16 kabupaten/kota kasus aktif di atas 500 namun masih di bawah 1.000. Kasus ini terjadi di Kabupaten Bekasi, Kota Kendari, Kota Samarinda, Kabupaten Tangerang, Sorong, Balikpapan, Semarang, dan Kota Bogor.

“Sekarang ada 12 kabupaten/kota tapi kalau nggak hati-hati bisa naik,” kata Dewi.(HARGO)

#IngatPesanIbu

Memakai masker

Menjaga jarak & menghindari kerumunan

Mencuci tangan dengan sabun


Komentar