Senin, 24 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kaum Ibu di Balik Keberhasilan Pemkab Gorontalo Dalam Menurunkan Angka Stunting

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo , pada Rabu, 27 Oktober 2021 | 08:05 AM Tag: , , ,
  Ketua TP. PKK Kabupaten Gorontalo, Fory Naway. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Keberhasilan Pemerintah Daerah dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten Gorontalo tidak lepas dari peran aktif Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP.PKK) sebagai kaum ibu yang ada di daerah itu.

Sejak 2018, Organisasi ini telah aktif menggerakkan seluruh sumber daya yang dimiliki untuk mengedukasi masyarakat tentang bahaya stunting. Upaya tersebut terus dilakukan meski saat ini daerah tengah menghadapi ancaman Pandemi Covid-19.

“Kami PKK terlibat langsung dalam Program penurunan stunting ini sejak 2018 kemarin dan kami juga diberikan target untuk menurunkan stunting ini hingga capaiannya bisa sampai empat bahkan tiga persen,” kata Ketua TP. PKK Kabupaten Gorontalo, Fory Naway, Selasa. Selasa (26/10/2021).

Dirinya menjelaskan, salah satu upaya dalam mengedukasi masyarakat penderita stunting, termasuk para ibu hamil. Pelayanan kepada ibu hamil ini dilakukan dengan pemberian asupan makanan sesuai dengan kebutuhan janin dalam kandungan.

“Untuk menangani anak (stunting) kami mengedukasi dengan pola makan dan pola asuh. Kegiatan-kegiatan ini didukung oleh lintas sektor yang meliputi Puskesmas, PPKBD dan Sub PPKBD. Semua terlibat langsung,” jelas Fory Naway.

Hal tersebut dibenarkan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo. Sejak awal, upaya penanganan stunting di daerah itu memang dilakukan dengan melibatkan seluruh pihak termasuk didalamnya TP. PKK.

“Ini terus kita lakukan hingga saat ini. Alhamdulillah Kabupaten Gorontalo 35 persen awalnya, akhirnya sekarang turun menjadi 10 persen. Bahkan kemarin angka stunting di Kabupaten Gorontalo sempat turun ke angka sembilan persen,” Ungkapnya.(*)

Penulis : Sucipto Mokodompis

(Visited 16 times, 1 visits today)

Komentar