Kamis, 4 Maret 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kearifan Lokal Gorontalo Bisa Cegah Covid-19

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Kamis, 8 Oktober 2020 | 23:05 WITA Tag: , ,
  Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie. (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Beragam cara yang diterapkan di era new normal tidak jauh berbeda dengan kearifan lokal masyarakat Gorontalo di zaman dahulu kala.

Contohnya, pelaksanaan doa arwah (Doa Aruwa) yang dilaksanakan mulai dari hari ke-3 hingga 40 untuk mendoakan orang yang meninggal. Pasti ada garam dan juga rica (red- cabe). Zat yang terkandung dalam garam mampu untuk menghancurkan corona. Sementara rica mengandung vitamin C yang banyak.

BACA  Lewat Bimtek, Wagub Gorontalo Tekankan Pentingnya Penyusunan LPPD

“Saya katakan kepada teman teman, di Gorontalo sebenarnya ada kearifan lokal jaman dulu. Salah satunya adalah cara makan. Coba kita perhatikan di jaman dulu kalau kita makan, orang tua kita menyediakan di atas meja itu garam dan rica,” kata Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie pada sebuah kegiatan baru-baru ini.

BACA  Gubernur Gorontalo Pantau Kick Off Vaksinasi

Contoh lainnya kata Rusli Habibie, jika kita menghadiri pesta, tamu undangan itu disajikan dengan cengkeh. Cengkeh itu juga musuh corona. Ada pula Beleuto, yaitu sarung yang digunakan untuk menutupi wajah.

”Saya ingat orang jaman dulu, keluar dari rumah, ibu-ibu atau cewek-cewek itu memakai sarung menutupi wajah hingga kepala, dan sekarang kita pakai masker. Kurang lebih hampir mirip. Ini yang harus kita hidupkan kembali. Jadi kita menuju kehidupan baru tetapi juga adalah kehidupan jaman dulu Gorontalo,” urai Rusli Habibie.(HARGO)

BACA  Pemberian Vaksin Covid-19 Terhadap Tahanan KPK Terus Menuai Sorot

#IngatPesanIbu

Memakai masker

Menjaga jarak & menghindari kerumunan

Mencuci tangan dengan sabun


Komentar