Sabtu, 12 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Keberadaan Penyuluh Pertanian di Gorontalo Utara Penting 

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Kamis, 27 Mei 2021 | 06:05 WITA Tag: ,
  Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu bersama para penyuluh pertanian usai menyampaikan kegalauan hati mereka. (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Wakil Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Thariq Modanggu menegaskan bahwa keberadaan dari para penyuluh pertanian di daerah memiliki peran yang sangat penting sekali. Terutama dalam hal penginputan data pertanian baik itu simultan maupun data Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK).

Hal tersebut disampaikan oleh Thariq Modanggu menyikapi keluhan dari para penyuluh pertanian yang ada di Kabupaten Gorut yang pada tahun 2021 ini belum memiliki peluang untuk menjadi aparatur negara karena belum ada formasi yang disediakan untuk mereka. Bagi Thariq, keberadaan para penyuluh pertanian tersebut sangatlah penting.

“Keberadaan mereka sangat vital bagi daerah terutama para petani terkait dengan kesiapan data pertanian yang ada baik itu untuk data petani, data kelompok petani, data lahan dan lainnya,” ungkapnya.

Para penyuluh lapangan tersebut kata Thariq membantu dalam hal penginputan data pertanian dan lainnya yang nantinya akan menentukan apakah para petani dan kelompoknya layak untuk mendapatkan bantuan atau tidak. 

“Tentunya posisi para penyuluh tersebut sangat strategis dan vital, karena data yang akan diisi itu hanya dapat dilakukan oleh para penyuluh berdasarkan data yang mereka peroleh dari lapangan langsung” tegasnya.

Terhadap kedudukan dari para penyuluh tersebut, siap untuk dipaparkan langsung oleh wabup bersama dengan bupati jika diperlukan langsung dihadapan pihak Kementerian Pertanian. 

“Penjelasan tersebut untuk memberikan penjelasan bahwa urgensi kebutuhan penyuluh pertanian di Gorontalo Utara sangat dibutuhkan mengingat lebih dari 52 persen penduduk di daerah ini yang menggantungkan hidupnya dari pertanian dan sumbangan PDRB masih didominasi sektor pertanian,” ujar Thariq Modanggu.

Dan tentunya dengan adanya peluang dalam rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) bagi para penyuluh pertanian tersebut kata Thariq, tentu akan berpengaruh pada peningkatan ekonomi dan juga kesejahteraan. (abk/adv/hargo)

BACA  Tanggulangi Kemiskinan, Data dan Program Perlu Disinkronkan

Komentar