Kamis, 13 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Keberadaannya Penting, Pejabat Teknis Harus Kompatibel

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Legislatif , pada Selasa, 20 April 2021 | 10:05 WITA Tag:
  Ketua Komisi III DPRD Gorontalo Utara, Ariyati Polapa


Hargo.co.id, GORONTALO – Keberadaan pejabat teknis di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sangatlah penting. Alasannya, karena ini dapat membantu kinerja dari pimpinan OPD. 

Demikian ditegaskan Ketua Komisi III, DPRD Gorontalo Utara, Ariyati Polapa saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (19/04/2021). Menurut Ariyati Polapa, pejabat teknis sangat dibutuhkan, makanya harus kompatibel. 

“Jika tidak maka akan sangat berpengaruh pada pelaksanaan program yang ada di setiap OPD. Untuk itu, penempatan pejabat teknis, harus benar-benar orang yang berkompeten di bidangnya. Jangan sampai orang atau pejabat yang ditempatkan selaku pejabat teknis, justru tidak mengetahui dengan pasti apa tugas dan fungsinya,” tegas Ariyati Polapa.

Sebuah kesalahan besar dalam suatu organisasi ketika salah menempatkan orang. Wajar saja jika Aryati Polapa menegaskan akan hal itu. Pasalnya, selaku mantan birokrat yang pernah menduduki kursi kepala dinas, dirinya sangat mengetahui akan peran dari pejabat teknis dalam sebuah OPD. 

“Jika pejabat teknisnya berkompeten dan tahu tugas pokok dan fungsi, maka dipastikan seluruh program yang ada di OPD tersebut dapat berjalan dengan maksimal,” ujar Ariyati Polapa.

Dirinya lantas meminta untuk dilakukan evaluasi dan juga setelah ada hasilnya diharapkan untuk dapat melakukan perbaikan. Ini demi kemajuan daerah. (abk/adv/hargo)

BACA  Pembahasan LKPJ Tuntas, Pansus DPRD Beri Catatan 

Komentar