Kebersamaan dan Kesamaan Visi, Kunci Pembangunan

-

Hargo.co.id, GORONTALO – Kebersamaan dan kesamaan visi dalam membangun daerah sangat diperlukan bagi daerah ini. Ini sebagaimana yang ditegaskan Ketua DPRD Gorontalo Utara (gorut), Djafar Ismail saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (28/11/2019) pekan lalu.

Menurut Djafar Ismail, kunci sukses dari sebuah pembangunan daerah bukan cuma ada di pucuk pimpinan. Baginya, kunci sukses sebenarnya ada pada semua unsur yang terlibat langsung dalam pembangunan tu sendiri.

“Kunci keberhasilan dari sebuah pembangunan daerah adalah kebersamaan. Jika semua menyadari tanggungjawab masing-masing, maka pasti pembangunan akan maksimal berjalan,” tegasnya.

Secara kelembagaan, DPRD sudah memulai pelaksanaan tanggung jawab terhadap tupoksinya. Mulai dari fungsi anggaran yang pembahasannya dilakukan secara transparan dan bertahap dari tingkatan komisi hingga Banggar.

“Hal ini untuk memaksimalkan anggaran dan juga evaluasi terhadap pemanfaatan anggaran serta program agar sesuai dengan skala prioritas dan mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD),” tegasnya.

Aleg 4 periode tersebut berharap agar komitmen terhadap Tupoksi juga dapat dimaksimalkan di tingkat eksekutif, bukan berarti eksekutif tidak komit.

“Walaupun memang masih ada catatan, namun terhadap kinerja eksekutif terhadap pelaksanaan pembangunan patut diapresiasi. Hanya saja kedepan harus lebih dimaksimalkan lagi. Yang perlu diingatkan lagi bahwa tunjukan kinerja, jangan dulu memikirkan hal lain. Yang menilai kita orang lain atas apa yang telah kita kerjakan, bukan diri kita sendiri,” ujarnya.

Untuk iti, Djafar berharap di tahun anggaran 2020 atas apa yang telah direncanakan dapat terlaksana dengan maksimal. “Karena yang akan merasakan dampaknya adalah rakyat dan rakyat juga yang akan menilai kinerja kita,” tandasnya. (adv/abk/hg)