Jumat, 15 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kejutan! Obama Bebaskan Tahanan ‘Informan WikiLeaks’

Oleh Fajriansyach , dalam Kabar Dunia , pada Kamis, 19 Januari 2017 | 09:57 WITA Tag: , ,
  


Hargo.co.id -Presiden Amerika Serikat Barack Obama memberi kejutan di akhir masa jabatannya yang tinggal hitungan jam.

Dia memberikan remisi kepada ratusan narapidana, dan yang menghebohkan adalah mengurangi masa hukuman Bradley ‘Chelsea’ Manning pada Selasa (17/1) waktu setempat.

Chelsea dilahirkan dengan nama Bradley Edward Manning pada 17 Desember 1987, laki-laki. Penampilan publik pertamanya sebagai perempuan dilaporkan pada Februari 2010, dan seterusnya dikenal dengan nama Chelsea Elizabeth Manning.

BACA  Serbu Gedung Kongres, 52 Pendukung Donald Trump Ditangkap

Chelsea Elizabeth Manning. Foto: AP

Obama memberikan Chelsea remisi dari masa hukuman penjara 35 tahun, yang vonisnya jatuh pada 2010. Dia ditahan di penjara militer Fort Leavenworth, Kansas. Chelsea didakwa atas pelanggaran Undang-undang Spionase. Dengan remisi dari Obama, Chelsea akan bebas pada bulan Mei mendatang.

BACA  Soal Varian Baru Covid-19, Ini Aturan dari Satgas

Chelsea dipenjara setelah membocorkan 700 ribu dokumen rahasia militer saat dia bertugas sebagai intelijen di Irak. Dia berbagi dokumen tersebut ke WikiLeaks, ‘gudang data’ yang selama ini dicap AS sebagai pembocor informasi intelijen kepada dunia.

BACA  Diblokir Facebook, Twitter dkk, Donald Trump Murka

Obama menganggap kejahatan Chelsea sangat serius. Namun seperti dilansir New York Daily News, Obama menilai hukuman 35 tahun terlalu lama. Banyak kasus serupa atau bahkan lebih parah, di mana durasi hukumannya jauh lebih pendek.

Laman: 1 2


Komentar