Sabtu, 3 Desember 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kelompok Ini Gelar Aksi Makar Tuntut Merdeka, Aparat Hanya…

Oleh Aslan , dalam Headline Kabar Nusantara , pada Rabu, 31 Mei 2017 | 06:16 Tag: ,
  

Hargo.co.id – Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Timika kembali menggelar aksi di Sekretariat KNPB di Jalan Sosial, Selasa (30/5). Namun aksi yang bertujuan makar karena ingin memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) itu hanya dibubarkan aparat gabungan TNI dan Polri.

Bagitu mendapat informasi adanya kegiatan tersebut, sejak Pukul 08.30 WIT ratusan aparat gabungan TNI dan Polri melaksanakan apel bersama di Jalan Sosial, yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Mimika, Kompol I Nyoman Punia.

Setelah apel itu, berdasarkan arahan dan perintah, aparat gabungan mulai melakukan razia, baik itu kendaraan bermotor maupun terhadap beberapa warga masyarakat yang saat itu kedapatan memakai atribut bercorak KNPB, dan juga pakaian yang bercorak loreng di sekitar Jalan Sosial.

Selanjutnya sekitar pukul 11.00 WIT, massa yang berjumlah sekitar seratus orang dari arah gorong-gorong berjalan kaki menuju Jalan Sosial, dengan tujuan hendak melaksanakan ibadah di Sekretariat KNPB. Dan setelah melewati pemeriksaan dari aparat keamanan, massa kemudian diperbolehkan berkumpul karena alasan mengikuti prosesi ibadah.

Namun usai melaksanakan ibadah, beberapa warga mulai melakukan orasi-orasi yang pada pokoknya ingin memisahkan diri dari NKRI. Sehingga tindakan ini langsung direspon dengan cepat oleh aparat gabungan TNI dan Polri yang pada saat itu sedang berjaga di sekitar Jalan Sosial.

Aparat kemudian membubarkan aksi tersebut dan mengamankan puluhan pakaian bermotif doreng, serta ratusan atribut KNPB.

Selain itu juga aparat gabungan TNI dan Polri mengamankan satu orang berinisial YA, yang diketahui merupakan koordinator aksi di Sekretariat KNPB. Sementara ratusan atribut KNPB serta beberapa unit sepeda motor langsung diamankan di Kantor Pelayanan Polres Mimika.

Kapolres Mimika, AKBP Vicktor D Mackbon kepada wartawan di Kantor Pelayanan Polres Mimika mengatakan, pihaknya melakukan pengamanan terhadap kegiatan organisasi yang disebut KNPB, yang sejauh ini belum terdaftar secara resmi di Kesbangpol Kabupaten Mimika.

“Kami aparat gabungan melakukan kegiatan penertiban, dimana KNPB dalam melaksanakan aksi ini tidak mengantongi izin resmi. Sehingga kami melakukan upaya secara persuasif, yakni dengan melaksanakan sweeping di seputaran Jalan Sosial, baik itu kepada orang, tempat maupun barang,” jelas Vicktor sebagimana dilansir dari Radar Timika (Jawa Pos Group).

Vicktor mengatakan, aksi KNPB yang berlangsung di sekretariat diawali dengan kegiatan ibadah. Akan tetapi dibalik pelaksanaan ibadah tersebut diisi dengan orasi-orasi yang sifatnya pemecahan persatuan dan kesuatan bangsa.

“Aksi mereka tutupi dengan berdoa, kemudian selanjutnya mereka melaksanakan orasi-orasi yang telah menyimpang dari idiologi NKRI. Sehingga kami sudah lakukan himbauan secara persuasif, ternyata tidak dihiraukan, jadi langkah tegas yang kita lakukan yakni dengan menghentikan kegiatan mereka,” urai Kapolres.

Sementara terkait YA yang merupakan koordinator pelaksaan kegiatan, Kapolres mengatakan sejauh ini masih dalam tahap pemeriksaan.

Wakil Ketua KNPB Wilayah Timika, Sem Asso dalam kesempatan yang sama mengakui, pihaknya melakukan kegiatan ibadah di sekretariat KNPB. “Kita selesai ibadah ada beberapa informasi dan agenda-agenda internasional yang kami sampaikan. Dan karena polisi bawa salah satu dari kami, makanya kami datang untuk ketemu dengan Kapolres,” katanya.(hargo/tns/sad/JPG)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar