Kemah Bakti Literasi, Boalemo Sabet Juara Umum

Peserta Lomba Kemah Bakti Literasi tingkat Provinsi Gorontalo asal Boalemo sukses rebut juara umum. Insert: Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Boalemo Ir. Moh. Agusrono Napu bersama tiga peserta lomba peraih juar. (Foto Istimewa/Humas)

Hargo.co.id, GORONTALO – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Boalemo kembali menambah deretan prestasi untuk tingkat Provinsi Gorontalo 2019. Ini setelah sukses menjadi juara umum pada Kemah Bakti Literasi Tingkat Provinsi Gorontalo dipusatkan di Pohuwato, Kamis (07/11/2019).

Lomba tersebut serangkaian dengan peringatan bulan literasi diselenggarakan setiap tahun oleh Pemprov Gorontalo. Pada momen tahun ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Boalemo mengutus sejumlah peserta terdiri dari kalangan pelajar dan unsur pengelola perpustakaan desa.

Selama unjuk keterampilan dan kecerdasan, para peserta lomba dikawal langsung Kadis Perpustakaan, Ir. Moh. Agusrono Napu MSi didampingi Kabid Pengembangan Perpustakaan Pembudayaan dan Kegemaran Membaca, Foni M. Saleh SE. Walhasil, keikutsertaan para pelajar tampil memukau dan sukses menjuarai sejumlah nomor yang dilombakan.

BACA  Kemah Bhakti Literasi Tumbuhkan Minat Baca

Kesuksesan ini ditandai penetapan kepada Pemkab Boalemo sebagai juara umum lomba Kemah Bakti Literasi tingkat Provinsi Gorontalo 2019. Kadis Perpustakaan dan Kearsipan, Ir. Moh. Agusrono Napu MSi didampingi Foni M. Saleh SE menyampaikan kejuaraan berhasil diraih para peserta yakni juara 1 lomba Cipta Puisi atas nama Grasia Fitri Sumaga dari SMPN 1 Mananggu. Disusul Juara 1 Musicalisasi Pusi diraih group SMAN 1 Tilamuta dan terakhir Juara 2 lomba Pidato Bahasa Daerah Gorontalo dipersembahkan Andriani Daud utusan Pengelola Perpustakaan Desa Raharja Kecamatan Wonosari.

BACA  Kemah Bhakti Literasi Tumbuhkan Minat Baca

“Prestasi diraih Pemkab Boalemo sebagai juara umum ajang Kemah Bakti Literasi Provinsi Gorontalo tahun 2019 tak lepas dari wujud kegigihan seluruh peserta lomba. Serta dukungan moril Bapak Bupati Boalemo H. Darwis Moridu bersama Wabup Anas Jusuf dan seluruh stakeholder serta jajaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Boalemo,” beber Moh. Agusrono Napu.

BACA  Kemah Bhakti Literasi Tumbuhkan Minat Baca

Lanjutnya menjelaskan, melalui kejuaraan umum Provinsi Gorontalo ini diharapkan kedepan akan lebih memacu semangat dan meningkatkan minat baca bagi para pelajar dan elemen masyarakat di Bumi Boalemo. Serta meningkatkan keahlian dan keterampilan para siswa semua jenjang sekolah untuk mengenalkan seni, budaya dan kearifan lokal.

“Ke depan rangkaian lomba memperingati bulan literasi ini diupayakan menjadi agenda tahunan oleh Dinas Perpustakaan Boalemo dengan tujuan mengorbitkan SDM cerdas dan memiliki semangat minat baca yang tinggi,” tambah Foni M Saleh. (nrt/hg)

-