Selasa, 11 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kemampuan Anggaran Pengaruhi Pelaksanaan Pekerjaan

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Headline Kab. Gorontalo Utara , pada Jumat, 30 April 2021 | 06:05 WITA Tag:
  Bypass Gorontalo Utara yang hingga saat ini belum selesai dikerjakan. (Foto: Alosius M. Budioman/HARGO)


Hargo.co.id, GORONTALO – Penundaan pekerjaan akan mempengaruhi anggaran yang telah ditentukan sebelumnya. Kemampuan keuangan daerah akan sangat menentukan pelaksanaan pekerjaan atau program yang telah direncanakan, apakah dapat dilaksanakan sesuai dengan waktu atau akan dilaksanakan secara bertahap.

Ini diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) Gorontalo Utara (Gorut), Haris Latif saat ditemui di ruang kerjanya. Menurutnya, salah satu alasan sejumlah program belum selesai dikerjakan karena menjadi pertanyaan di masyarakat, yakni anggaran yang tersedia. 

“Semua pekerjaan dapat diselesaikan. Asalkan anggaran yang tersedia juga ada dan mencukupi serta sesuai dengan pagu anggaran yang diperlukan,” katanya.

Haris Latif mengatakan bahwa kemampuan keuangan daerah akan sangat berpengaruh pada pelaksanaan pekerjaan itu sendiri. 

“Seperti beberapa pekerjaan mulai dari jalan bypass, masjid di blok plan dan lainnya. Itu memerlukan anggaran yang tidak sedikit, namun kondisi keuangan daerah juga tidak mampu untuk menyediakannya sekaligus,” jelas Haris Latif.

Sehingga pelaksanaan pekerjaan tersebut dilaksanakan secara bertahap dan menyesuaikan kondisi keuangan daerah setiap tahunnya. 

“Dapat saja pekerjaan tersebut dilaksanakan sekaligus, namun ketersediaan anggarannya memenuhi sesuai dengan yang dibutuhkan,” tegasnya.

Di sisi lain, pekerjaan secara bertahap juga beresiko pada pembengkakan anggaran yang diperlukan, karena setiap tahunnya, kata Haris Latif, terjadi kenaikan harga terutama untuk bahan non lokal yang setiap tahunnya ada yang bahkan sampai mengalami tiga kali kenaikan. 

“Ini juga yang harus diperhatikan, namun kembali lagi ke kesiapan dan kemampuan keuangan daerah,” kuncinya. (abk/adv/hargo)

BACA  Rp 24 Miliar untuk THR Pemprov, Gubernur: Termasuk Teman-teman di DPRD

Komentar