Selasa, 24 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kemarau Panjang, Pemerintah Diminta Lebih Agresif Tanggapi Kebutuhan Warga

Oleh Zulkifli Tampolo , dalam Kab. Gorontalo Utara Legislatif , pada Jumat, 13 September 2019 | 13:05 Tag:
  Anggota DPRD Gorut, Siswanto Biki

Hargo.co.id, GORONTALO – Pemerintah daerah diharapkan untuk lebih agresif terkait dengan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Ini terkait dengan musim kemarau, sehingga sumber-sumber air yang dimanfaatkan oleh masyarakat mulai mengering.

Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Siswanto Biki menegaskan bahwa di Kwandang sudah ada beberapa desa yang masyarakatnya mulai merasa kesulitan dalam memenuhi kebutuhan akan air bersih.

“Seperti halnya di Desa Pontolo Atas yang saat ini masyarakatnya mulai gelisah karena sumber airnya sudah jauh dan mendekati kering,” ungkapnya.

Siswanto mengatakan sebelum musim kemarau yang sudah masuk bulan ketiga ini berlangsung, masyarakat di Pontolo Atas dan sekitarnya masih memanfaatkan sumber air dari sumur dan lainnya yang masih dekat dengan rumah-rumah warga.

“Namun seiring dengan musim kemarau yang terus menerus ini, sumber air warga tersebut mulai kering, dan masyarakat mulai memakai sumber air alternatif yang disediakan oleh alam,” katanya.

Otomatis, ketika sumber air mulai bergeser, maka masyarakat mulai gelisa. Selain jarak dari rumah warga dengan sumber mata air sudah mulai jauh, juga harus mengantri.

“Karena sumber mata air alam tersebut dimanfaatkan oleh banyak orang, sehingga harus mengantri dan tentunya ini menyita waktu,” ujarnya.

Masalah lain lagi yang dikhawatirkan oleh masyarakat saat ini, sumber mata air alam tersebut mulai kering. Jika hujan belum turun juga maka masyarakat harus memikirkan lagi dimana sumber mata air lainnya yang dapat dimanfaatkan.

“Untuk itu, pemerintah daerah harus cepat tanggap dengan kondisi yang terjadi di masyarakat saat ini. Jangan nanti menunggu laporan, harus jeli melihat kondisi dan segera mengambil tindakan sebelum kondisi ini akan lebih parah” tandasnya. (abk/hg)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar