Jumat, 19 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kemendikbud Siap Jalankan Unas

Oleh Berita Hargo , dalam Headline Kabar Nusantara , pada Rabu, 21 Desember 2016 | 16:27 Tag: , ,
  

Dia berharap kecurangan kolektif dalam penyelenggaraan unas bisa ditekan. Salah satu peran perguruan tinggi yang masih dipertahankan adalah ikut mengoreksi atau pemindaian hasil ujian.

Sedangkan pemanfaatan nilai unas untuk seleksi masuk perguruan tinggi, Hasan belum bisa menjelaskannya.

Sebab harus dilakukan pembahasan di internal Majelis Rektor PTN Indonesia (MRPTNI) dahulu. Apakah nilai unas tetap digunakan sebagai pertimbangan atau tidak, akan diumumkan dalam waktu dekat.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menjamin tidak akan ada kendala soal pendanaan. Lantaran, dana untuk kebutuhan unas tidak tidak terlalu banyak. JK menuturkan bahwa meskipun dilakukan secara nasional tapi biaya untuk unas itu tidak terlalu besar. Dalam hitung-hitungan dia, biaya unas hanya sekitar satu persen dari total alokasi APBN untuk pendidikan.

”Biaya unas itu kecil sekali. Hanya 1 persen dari pada seluruh anggaran. Dan itupun tanpa unas pun pasti ada ujian, pasti ada biayanya,” ujar dia usai menghadiri penghargaan keterbukaan informasi publik di Istana Wakil Presiden, kemarin (20/12).

Dia mengungkapkan, persoalan sarana prasarana pendidikan yang berbeda pun sudah ada solusinya. Alokasi dana pendidikan yang mencapai 20 persen atau Rp 400 triliun pertahun semestinya bisa dipergunakan untuk perbaikan infrastruktur pendidikan.

”Akan diperbaiki terus menerus,” imbuh JK.

Selain soal pendanaan, JK mengungkapkan bahwa unas tahun ini juga tetap mengakomodir mata pelajaran lain diluar unas. Ujian sekolah berbasis nasional (USBN) itu akan menggunakan kisi-kisi yang sama secara nasional. Jadi, siswa akan menghadapi dua macam ujian.

”Unas untuk empat mata pelajaran, ujian dari pusat. kalau selain itu ujiannya bersifat sekolah tapi harus ada batasan kisi-kisi nasional,” kata dia.

Kemendikbud merencanakan tahun depan sekolah pelaksana unas berbasis komputer bakal ditingkatkan.

(Visited 8 times, 1 visits today)

Laman: 1 2 3


Komentar