ramadan2024

Kemendikbud Siap Jalankan Unas

×

Kemendikbud Siap Jalankan Unas

Sebarkan artikel ini
Sejumlah siswa SMA 1 Negeri Kota Gorontalo mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK),hari pertama penyelengaraan Ujian SMA Sederajat. Senin(4/4) lalu. FOTO:NATHA/GORONTALO POST

badan keuangan

Pengamat telematika Abimanyu Wachjoewidajat mengingatkan, bila pemerintah ingin memperbanyak unas berbasis komputer, persiapannya harus matang. Sebab, memindahkan ujian dari yang berbasis kertas menjadi berbasis digital bukan perkara mudah. Ada hal-hal yang perlu disiapkan terlebih dahulu.

Pertama, sarana dan prasarana harus benar-benar memadai. Tidak hanya piranti komputer, namun juga koneksi internet yang kuat dan stabil.

Example 300250

’’Pada kenyataannya, internet yang berkualitas belum merata di semua daerah,’’ ujarnya kemarin.

Ada daerah yang koneksi internetnya memang baik, namun tidak demikian di daerah lain.

Kemudian, piranti komputernya juga tidak boleh sekadar baik. Sekolah harus pula memiliki SDM yang mumpuni untuk menangani operasional perangkat-perangkat itu. Termasuk merawatnya ketika sedang tidak digunakan. ’

Ramadhan 2024

’Bagi pusat, sepertinya memang lebih murah. namun bagi daerah bisa mahal karena harus menyiapkan perangkat dan sebagainya,’’ lanjutnya.

Di luar persiapan sarana, siswa juga harus dipersiapkan. Harus dipastikan siswa sudah memahami penggunaan computer dan internet.

’’Dan siswa juga harus ada trial untuk membiasakan siswa mengerjakan ujian berbasis digital,’’ tambahnya.

Hal-hal semacam itu untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan selama ujian, yang bisa berpengaruh pada kondisi psikologis siswa. Misalnya di tengah ujian tiba-tiba listrik mati atau komputer hang, tentu akan membuat siswa panik. Sebab, waktu ujian tidak bisa dijeda. (wan/jun/byu/hargo)



hari kesaktian pancasila