Jumat, 19 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kemendikbud Siap Jalankan Unas

Oleh Berita Hargo , dalam Headline Kabar Nusantara , pada Rabu, 21 Desember 2016 | 16:27 Tag: , ,
  

Pengamat telematika Abimanyu Wachjoewidajat mengingatkan, bila pemerintah ingin memperbanyak unas berbasis komputer, persiapannya harus matang. Sebab, memindahkan ujian dari yang berbasis kertas menjadi berbasis digital bukan perkara mudah. Ada hal-hal yang perlu disiapkan terlebih dahulu.

Pertama, sarana dan prasarana harus benar-benar memadai. Tidak hanya piranti komputer, namun juga koneksi internet yang kuat dan stabil.

’’Pada kenyataannya, internet yang berkualitas belum merata di semua daerah,’’ ujarnya kemarin.

Ada daerah yang koneksi internetnya memang baik, namun tidak demikian di daerah lain.

Kemudian, piranti komputernya juga tidak boleh sekadar baik. Sekolah harus pula memiliki SDM yang mumpuni untuk menangani operasional perangkat-perangkat itu. Termasuk merawatnya ketika sedang tidak digunakan. ’

’Bagi pusat, sepertinya memang lebih murah. namun bagi daerah bisa mahal karena harus menyiapkan perangkat dan sebagainya,’’ lanjutnya.

Di luar persiapan sarana, siswa juga harus dipersiapkan. Harus dipastikan siswa sudah memahami penggunaan computer dan internet.

’’Dan siswa juga harus ada trial untuk membiasakan siswa mengerjakan ujian berbasis digital,’’ tambahnya.

Hal-hal semacam itu untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan selama ujian, yang bisa berpengaruh pada kondisi psikologis siswa. Misalnya di tengah ujian tiba-tiba listrik mati atau komputer hang, tentu akan membuat siswa panik. Sebab, waktu ujian tidak bisa dijeda. (wan/jun/byu/hargo)

(Visited 8 times, 1 visits today)

Laman: 1 2 3


Komentar