Kamis, 15 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kemenpar RI Sebut Gorontalo Punya Banyak Potensi Wisata

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Rabu, 31 Maret 2021 | 07:05 WITA Tag: , ,
  Direktur Pengembangan Destinasi II, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar) RI Wawan Gunawan saat memberikan sambutan, Selasa (30/03/2021). (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Provinsi Gorontalo dinilai memiliki banyak potensi wisata untuk dikembangkan, mulai dari aspek keindahan alam, atraksi budaya dan kuliner, diketahui memiliki keunikan dibandingkan dengan daerah lain.

Hal itu diungkapkan Direktur Pengembangan Destinasi II, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar) RI Wawan Gunawan saat memberikan sambutan di kegiatan aksi Kolobarasi Bersih Pantai Dulanga di Desa Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo, Selasa (30/03/2021).

BACA  KID Provinsi Gorontalo Periode 2020-2024 Resmi Dilantik

Meski begitu, Wawan menyebut semua potensi tersebut tidak cukup untuk menjadi destinasi yang baik dan ramah wisatawan. Semua pihak harus mampu memberikan kepastian dan kenyamanan. Kepastian kebersihan, keamanan dan kesehatan protokol kesehatan.

“Turis melihat bagaimana kebersihannya. Toiletnya seperti apa sih. Jangan sampai wisatawan datang menahan buang air karena jorok,” kata Wawan saat menggelar aksi Kolobarasi Bersih Pantai Dulanga di Desa Bongo, Kecamatan Batudaa Pantaiz Kabupaten Gorontalo, Selasa (30/3/2021).

BACA  Ini Harapan Gubernur Gorontalo untuk Komisaris Independen BSG Yang Baru

Terkait dengan keindahan pantai Dulanga dan Desa Wisata Religi Bongo, Wawan menyebut lokasi tersebut sudah sangat ideal. Desa tersebut menyuguhkan atraksi budaya dengan spirit spritual dan kearifan lokal. Pekerjaan rumah semua pihak bagaimana meyakinkan wisatawan.

“Orang harus yakin datang ke sini. Saya aman, karena sudah ada petugasnya. Merasa nyaman, saya tidak akan kecopetan, saya tidak akan dihipnotis, saya tidak tenggelam, karena sudah siap. Jadi bagaimana kita sama sama meyakinkan kepada wisatawan bahwa destinasi siap dikunjungi dan siap dinikmati,” tandasnya.

BACA  Tegas, Wagub Gorontalo Minta Aparaturnya Wajib Beri Layanan Publik Berkualitas

Selain bersih pantai, pihak Kemenpar memberikan sejumlah bantuan infrastruktur penunjang. Diantaranya Infrastruktur protokol kesehatan, alat alat kebersihan dan prasasti Sapta Pesona. Prasasti diharapkan menjadi penanda bahwa Pantai Dulanga sebagai kawasan bersih dan nyaman bagi wisatawan.(zul/adv/hargo)


Komentar