Senin, 19 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kena HIV AIDS, Dunia Belum Berakhir!

Oleh Berita Hargo , dalam Headline , pada Kamis, 2 Maret 2017 | 11:50 WITA Tag: , , ,
  


Hargo.co.id-Masyarakat penting untuk memeriksa status HIV AIDS sejak dini. Memang, jika setelah diperiksa hasilnya positif atau reaktif, pasti psikologis seseorang akan terguncang. Jangan pernah putus asa, Orang dengan HIV AIDS (ODHA) masih punya harapan untuk hidup panjang dan menggapai cita-citanya.

Dengan memeriksa status HIV AIDS sejak dini maka akan diketahui seberapa persen kadar imunitas bertahan di dalam tubuh setiap orang. Sehingga dengan segera ODHA diberikan terapi pengobatan Antiretroviral (ARV) kepada mereka.

Sebaliknya jika penyakit ini dibiarkan, maka daya imun tubuh semakin turun digerogoti virus HIV. Jika sudah masuk ke dalam AIDS akan semakin sulit. Agus meminta kepada masyarakat yang saat pemeriksaan dinyatakan reaktif atau positif, untuk jangan berkecil hati.

“Karena sekarang ini sudah ada ARV yang bisa pertahankan hidup mereka. Mereka masih bisa hidup seperti biasa bahkan tahunan. Dunia belum berakhir,” tegas Agus.

BACA  Gubernur Berharap Pasar Murah Dapat Membantu Warga Selama Ramadan

Agus mencontohkan ada sejumlah ODHA ketika diintervensi ARV secara rutin dan mengikuti terapi dengan baik, terbukti ARV efektif mencegah penularan. Ketika ODHA tersebut memiliki keinginan mengikuti program mempunyai anak, maka anaknya lahir negatif HIV AIDS.

“Betul-betul efektif menghambat, sehingga tak terjadi penularan ke anak. Jangan sampai ada stigma bagi diri sendiri,” tuturnya.

Agus mencontohkan kasus penderita penyakit Hepatitis yang tak malu menceritakan dirinya terkena penyakit itu dengan cara penularan yang sama dengan HIV AIDS. Karena itu, jangan membuat stigma pada diri sendiri dan jangan menarik diri atau merasa dikucilkan.

BACA  Kedai Pawodu, Tempat Nongki Terbaru dengan Konsep Kekinian 

“Kita di masyarakat ada terinfeksi hepatitis B enggak malu tuh cerita ke orang lain sakit hepatitis B, padahal penularan virus ke virus itu sama dengan HIV. Bahkan hepatitis B dan C akan berakhir dengan kematian karena kanker hati dan terlihat orangnya kuning. Kalau HIV kan enggak kelihatan. Marilah kita hapuskan stigma terhadap ODHA,” katanya. (cr1/JPG/hg)


Komentar