Senin, 10 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kendaraan PCR Mobile, Solusi Pemprov Gorontalo Percepat Penanganan Covid-19

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Rabu, 10 Maret 2021 | 19:05 WITA Tag: , , ,
  Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat menerima Kepala BTKLPP Kelas I Manado, Suharto, di Rumah Jabatan Gubernur pada Rabu (10/03/2021). (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo dibawah kepemimpinan Gubernur II periode, Rusli Habibie, dalam menanggulangi dan memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19 kian hari semakin ditingkatkan.

Kali ini Pemprov Gorontalo melalui Gubernur Rusli Habibie menghadirkan 1 unit kendaraan Polymerase Chain Reaction (PCR) Mobile, dari Kementrian Kesehatan RI melalui Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Manado.

Hal itu ditandai dengan digelarnya audiensi antara Kepala Balai BKLPP, Suharto, dengan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, yang berlangsung di rumah dinas gubernur pada Rabu (10/03/2021).

BACA  Penerapan Aplikasi Bela Pengadaan Pemda Diminta Dipercepat

Dalam kesempatan itu Rusli Habibie atas nama pemerintah dan masyarakat Gorontalo menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada Kementerian Kesehatan RI yang peduli terhadap daerah. Terlebih lagi, dari 10 unit PCR Mobile yang dialokasikan secara Nasional, salah satunya untuk Gorontalo.

“Alhamdulillah harapan kami terjawab sudah, bahwa kita dapat hadiah PCR Mobile. Harganya Rp.6,5 miliar dan sekarang mobilnya sudah berada di Manado, Sulawesi Utara. Saya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kesehatan khususnya Pak Suharto (Kepala BKLPP) yang sudah jauh-jauh datang ke sini,”ujar Rusli Habibie.

BACA  Panitia Pasar Murah tidak Melayani Warga Jika Tak Memakai Masker   

Gubernur Rusli juga berharap bantuan ini bisa mempercepat dan mempermudah pemeriksaan swab Covid-19 bagi warga. Terlebih, mobil ini bisa bergerak menjangkau daerah tertentu dengan pemeriksaan laboratorium di tempat.

“Harapan saya mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Jadi mobil ini bisa mengurangi beban BPOM (sebagai laboratorium PCR). Jadi kalau ada satu kelurahan yang terkonfirmasi positif, mobil ini bisa turunkan ke sana,”harap Rusli Habibie.

Dikesempatan yang sama, Kepala BTKLPP Kelas I Manado, Suharto menjelaskan, PCR Mobile memiliki keunggulan dalam hal kecepatan pemeriksaan swab PCR, dimana dalam waktu satu jam bisa memeriksa 96 sampel pasien.

BACA  Tim NKRI Peduli Bantu Warga Terdampak Covid-19 di Biluhu

“Kalau lab statis kita kan ambil sampel bawa ke lab. Nah ini sampelnya langsung diproses di tempat. Nanti tenaga di Gorontalo kita traning dan berikan semacam pendampingan,”jelas Suharto.

Suharso juga menambahkan, dimana pihaknya memprediksi bantuan kendaraan PCR Mobile tersebut akan tiba di Gorontalo pada akhir bulan Maret 2021, dan saat ini kendaraan tersebut sedang di upgrade di Manado sebelum benar benar siap dikirim dan digunakan.(zul/adv/hargo)


Komentar