Jumat, 3 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kepsek Harus Memanage SDM Guru, Staf dan Siswa 

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Selasa, 16 November 2021 | 14:05 PM Tag: ,
  Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin pada kegiatan Pendampingan Tata Kelola MBS jenjang SD dan SMP yang diselenggarakan Dinas Pendidikan. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Seorang kepala sekolah (Kepsek) seperti seorang manajer yang ada dalam sebuah perusahaan. Makanya, Kepsek harus memanage SDM guru, staf dan siswa yang ada di sekolah yang dipimpinnya. 

Hal tersebut ditegaskan oleh Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Indra Yasin pada pendampingan Tata Kelola Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) jenjang SD dan SMP yang diselenggarakan Dinas Pendidikan (Disdik) pekan lalu. Menurut Indra Yasin, kegiatan yang diikuti kurang lebih 160 kepala sekolah, baik SD dan SMP itu, sangatlah penting. Apalagi kalau bicara tentang manajemen sekolah. 

“Tentu ini sangat penting bagi setiap Kepsek. Yang pertama, saya sudah sampaikan tadi, yang di-manage tentu SDM-nya, baik itu guru, staf dan tentu para siswa,” ungkapnya. 

Yang kedua, tentu aset-aset sekolah juga harus di-menage, apakah aset bergerak atau pun tidak bergerak. Yang ketiga, harus mampu memanage juga surat menyurat atau administrasi. 

“Kalau kita tidak, kita akan kesulitan. Barangkali satu surat bisa berbulan-bulan baru direspon, kalau itu tidak di-manage dengan baik,” katanya. 

Oleh sebab itu, dirinya menyambut baik pendampingan tata kelola MBS yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan. 

“Kita ketahui kepsek sebetulnya, mereka bertindak sebagai manajer di sekolah. Nah, sebagai manajer dia harus menguasai ilmu bagaimana mengatur sekolah yang dipimpinnya dengan baik,” imbuhnya. 

Ia pun berharap, mudah-mudahan dengan pendampingan itu, maka pengelolaan sekolah yang ada di Gorontalo Utara, baik SD maupun SMP akan semakin bagus lagi. 

“Sehingga penataan sekolah ke depan, akan semakin berkualitas, terutama di dalam memanage sekolah itu sendiri,” kuncinya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 10 times, 1 visits today)

Komentar