Kamis, 27 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Keren… Desa Wisata Religi Bubohu Raih Juara Dua Naisonal ADWI

Oleh Admin Hargo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Rabu, 8 Desember 2021 | 20:05 PM Tag: , ,
  Foto bersama Wagub Gorontalo H. Idris Rahim bersama jajaran Dinas Pariwisata Provinsi dan Kabupaten Gorontalo, serta Pokdarwis Desa Bongo usai Malam ADWI 2021 di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Selasa (07/12/2021). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, JAKARTA – Destinasi Wisata Religi Bubohu Desa Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo, berhasil keluar sebagai juara kedua nasional kategori Desa Wisata Berkembang dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Terpilihnya Destinasi Wisata Religi Bubohu sebagai juara ke dua itu, berarti Provinsi Gorontalo kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional.

“Alhamdulillah Desa Wisata Religi Bubohu keluar sebagai juara kedua ADWI 2021. Ini adalah prestasi yang sungguh luar biasa,” kata Wakil Gubernur (Wagub) Gorontalo H. Idris Rahim usai menghadiri Malam ADWI 2021 di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Selasa (07/12/2021).

Wagub juga menuturkan, prestasi itu merupakan buah dari kerja keras, sinergitas, dan kolaborasi antara Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo, Pemerintah Desa, Kelompok Sadar Wisata, dan seluruh masyarakat Desa Bongo. Wagub berharap, prestasi tersebut bisa memotivasi desa-desa lainnya untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya guna kesejahteraan masyarakat.

“Saya berharap jangan hanya sampai pada kejuaraan ini. Tetapi terus berkesinambungan agar Desa Wisata Religi Bubohu semakin mendunia dan menarik minat wisatawan baik nusantara maupun mancanegara untuk datang berkunjung,” ungkap H. Idris Rahim.

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang mewakili Presiden Joko Widodo dalam sambutannya pada Malam ADWI itu mengatakan, desa wisata menjadi sangat penting karena ke depan yang didorong oleh pemerintah pada masa pandemi Covid-19 adalah wisatawan nusantara. Menko Perekonomian menjelaskan, pembangunan sektor pariwisata secara terpadu mendorong transformasi budaya dan ekonomi desa.

“Setiap desa tentu paham dengan potensi yang dimiliki untuk menghasilkan produktivitas yang tinggi melalui kegiatan masyarakat. Anugerah malam ini mewujudkan desa yang berkelas, berdaya saing, dan berkelanjutan. Atas nama bapak Presiden, saya apresiasi penyelenggaraan malam ADWI ini sebagai momentum pengembangan geliat desa wisata khususnya dalam rangka pemulihan ekonomi nasional,” ujar Airlangga Hartarto.

ADWI 2021 diikuti oleh 1.831 desa dari 34 provinsi, dengan penilaian ADWI meliputi tujuh kategori, yaitu penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability), desa digital, suvenir, daya tarik wisata, konten kreatif, homestay, dan toilet.

Atas keberhasilan meraih juara kedua untuk kategori Desa Wisata Berkembang pada ADWI 2021, Desa Wisata Religi Bubohu memperoleh hadiah sebesar Rp30 juta. Penghargaan dan hadiah diterima oleh Ketua Pokdarwis Desa Bongo, Muhlis Panai.(*)

Penulis: Zulkifli Polimengo

(Visited 22 times, 1 visits today)

Komentar