Selasa, 27 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Keren, Eceng Gondok Disulap Jadi Barang Ekonomis

Oleh Aslan , dalam Ekonomi , pada Senin, 5 Maret 2018 | 10:10 WITA Tag: ,
  


GORONTALO, Hargo.co.id – Eceng Gondok yang ada di Danau Limboto dan menjadi persoalan besar bagi masyarakat dan juga pemerintah, kini disulap oleh anak-anak mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo (UNG) sebagai sesuatu yang bermanfaat. Bahkan, eceng gondok yang dinilai tidak memiliki manfaat ini bisa dibuatkan stiker untuk kendaraan.

Pantauan Gorontalo Post di UNG, tepatnya di Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, nampak sejumlah mahasiswa sedang melakukan aktivitas pengolahan eceng gondok untuk dijadikan bahan yang bermanfaat.

BACA  Peluang Besar Bisnis Hidroponik di Perkotaan

Ada yang melakukan penjemuran eceng gondok, pengolahan hingga merakitnya menjadi sebuah barang yang bernilai jual tinggi. Eceng gondok tersebut ada yang dibuatkan tempat tisu, bahkan diolah sebagai stiker motor.

Yasin Kulimba salah seorang mahasiswa yang diwawancarai Gorontalo Post mengatakan, awalnya ini merupakan tugas kampus untuk membuat kerajinan tangan dan pihaknya mengambil eceng gondok sebagai bahan dasar untuk diolah sebagai barang yang memiliki nilai ekonomi.

BACA  Sah! Berikut Asumsi Dasar Ekonomi Makro 2021

“Eceng gondok ini kami ambil langsung dari Danau Limboto. Kami pun hendak melakukan penyelamatan terhadap Danau Limboto. Oleh karena itu, kami mengolahnya dari pada tidak dipergunakan,” kata Yasin.

Ditambahkan pula, eceng gondok ini diolah untuk berbagai bentuk kerajinan tangan. Mulai dari tempat tisu, tempat pulpen dan juga stiker motor. Pembuatannya pula tidak sulit dan bisa diikuti oleh masyarakat. “Harga setiap produknya hanya berkisar Rp 50 ribu.

BACA  Pandemi Covid-19 Bikin Permintaan akan Emas Naik Gila-gilaan

Dengan demikian hal ini bisa memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat, ketika masyarakat hendak mengelolanya. Oleh karena itu, kami pun membuka peluang bagi masyarakat yang hendak belajar,” pungkasnya.(kif/hg)


Komentar